gtrees.net

Kisah Para Centenarian, Hidup Sampai Lebih dari 100 Tahun karena Kebiasaan Ini

ilustrasi ulang tahun
Ilustrasi. (Foto: ilustrasi/thinkstock)

Jakarta -

Banyak yang bertanya-tanya, sebenarnya apa sih yang membuat beberapa orang di dunia ini bisa hidup panjang umur, bahkan dengan usia mencapai lebih dari seratus tahun? Apakah karena pola makan dan gaya hidup sehari-hari saja, atau karena ada 'faktor X'?

Seorang mantan Angkatan Darat Amerika Serikat, Eugene Petersen, merayakan ulang tahunnya yang ke-101 di Pangkalan Angkatan Udara Travis, California.

Putri dari Petersen menjelaskan, ayahnya direkrut pada 1941 dan bertugas di Filipina dan Vietnam. Setelah bekerja selama 59 tahun, Petersen meninggalkan Angkatan Darat dan melanjutkan pekerjaan di Layanan Pos Amerika Serikat selama 14 tahun.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia menghabiskan lebih dari satu dekade hidupnya sebagai sukarelawan di David Grant Medical Center di Pangkalan Angkatan Udara Travis. Ia bekerja di sana sejak 2010.

"Dia berperan penting dalam membantu kantor Manajemen Informasi Kesehatan kami dalam memelihara 124.000 catatan medis untuk 276.000 penerima manfaat Departemen Pertahanan dan Urusan Veteran kami," kata Letkol Reni Angelova, komandan Skuadron Dukungan Medis ke-60 dikutip dari CBS News, Kamis (11/1/2024).

ADVERTISEMENT

"Dia berbagi pengetahuan, pengalaman, dan kehidupannya dengan staf dan penerbang muda kami," ujarnya lebih lanjut.

Petersen bukan satu-satunya orang berusia seratus tahun yang membagikan 'rahasia' di balik hidup panjang umurnya. Seorang wanita di Texas, Elizabeth Sullivan, sempat membagikan kisah serupa. Namun, Sullivan telah wafat pada 2017 di usianya yang ke-106 tahun.

Sullivan mengaku, salah satu modalnya untuk hidup panjang umur adalah dia selalu meminum soda favoritnya setiap sarapan.

"Saya mulai meminumnya sekitar 40 tahun yang lalu sebanyak tiga kali sehari,' katanya kepada CBS Texas saat itu.

"Setiap dokter yang memeriksaku mengatakan penyakit ini akan membunuhmu, tapi mereka mati, sedangkan aku tidak, jadi pasti ada kesalahan di suatu tempat," imbuhnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat