gtrees.net

Baru Kenal Lari, FOMO Pakai Sepatu Balap? Ini Wanti-wanti Atlet Profesional

Woman looking shoes in store
Pilih-pilih sepatu lari (Foto: Getty Images/iStockphoto/seb_ra)

Jakarta -

Tren olahraga lari tak pernah lepas dari perkembangan teknologi sepatu. Kecenderungan FOMO (Fear of Missing Out) di kalangan pelari kerap muncul saat ada model sepatu terbaru.

Nah buat yang suka ikut-ikutan, atlet lari nasional Novia Nur Nirwani punya pesan nih. Menurutnya, FOMO tanpa dibarengi pemahaman yang benar bisa berujung pada cedera.

"Untuk yang baru mulai lari, cari sepatu yang benar-benar cocok. Jangan terlalu FOMO, karena sepatu itu ada spesifikasi khususnya," pesan Novi, sapaannya, saat berbincang dengan media di Jakarta Selatan, baru-baru ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Salah satu jenis sepatu yang sempat ngetren adalah sepatu 'carbon plate'. Meski sebenarnya diperuntukkan sebagai sepatu race dan lebih cocok untuk pelari yang terlatih, jenis sepatu ini sempat banyak dipakai juga oleh para pemula yang ujung-ujungnya malah bikin cedera.

"Biasanya sepatu yang seharusnya dipakai untuk race atau untuk lari cepat, tapi dipakai untuk easy run, itu rentan menimbulkan cedera," kata Novi.

ADVERTISEMENT

Selain menganjurkan untuk memakai sepatu sesuai peruntukannya, Novi juga menyarankan untuk memilih yang benar-benar sesuai dengan bentuk dan karakter kaki. Beberapa outlet sepatu punya 'foot scanner' untuk membantu memilih sepatu yang paling tepat.

Apakah berarti pemula nggak boleh pakai sepatu race yang bagus? Tentunya boleh-boleh saja, hanya saja Novi menyarankan untuk tidak buru-buru jika memang kemampuan fisiknya belum bisa mengimbangi.

"Sebenarnya boleh-boleh saja (mengikuti tren sepatu lari), tapi kan kita harus mengutamakan untuk mengindari cedera itu. Kalau merasa mampu, dan dirasa pace-nya memungkinkan untuk menggunakan sepatu (yang diinginkan)," tandasnya.

NEXT: Pengalaman cedera



Simak Video " KuTips: Pertolongan Pertama pada Sepatu Basah Biar Tak Rusak dan Bau"
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat