gtrees.net

Ikut Event Lari Akhir Pekan Ini? Atlet Profesional Bagikan Tips Nih

Young couple running in the city
Jaga nutrisi jelang lomba lari sama pentingnya dengan kebugaran fisik (Foto: Getty Images/RgStudio)

Jakarta -

Event lomba lari kembali marak belakangan ini, hampir selalu ada setiap weekend. Buat yang besok mau ikutan, ada saran nih dari atlet lari profesional.

Novia Nur Nirwani (24), seorang atlet lari nasional kelahiran Cimahi, mengingatkan pentingnya nutrisi dalam olahraga. Ada benarnya sih, latihan rutin memang harus diimbangi dengan gizi yang baik supaya manfaatnya lebih optimal. Begitupun menjelang lomba lari.

"Makan jangan telat, karena penting banget buat para atlet untuk menjaga stamina. Sama minum vitamin atau suplemen, istirahat yang cukup dan jangan lupa olahraga," kata Novi, panggilannya, kepada media baru-baru ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Soal makanan, Novi biasanya menghindari makan gorengan dan makan yang pedas-pedas menjelang pertandingan. Begitupun minum es, sebisa mungkin ia hindari demi jaga kondisi tubuh.

Sama pentingnya dengan menjaga nutrisi, Novi juga memberi perhatian khusus pada kebugaran fisik. Meski sudah rutin latihan, menjelang lomba ia tetap memberikan porsi ekstra untuk latihan.

ADVERTISEMENT

"Melakukan lebih banyak pemanasan. Sama istirahat yang cukup dan jangan begadang," saran Novi.

"Istirahat biasanya jam 9 malam sudah tidur. Cuman yang terpenting jangan begadang, jangan main handphone (sebelum tidur) dan jangan tidur di atas jam 10," tandasnya.



Simak Video "MJM 2023, Perpaduan Lengkap Sport Tourism & Zero Waste"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat