gtrees.net

Resep Bugar Penyanyi Putu Sutha, Olahraga untuk Menyayangi Tubuh

Man running up outdoor stairs with new year number 2022, 2023, 2024 to 2031
Bagi penyanyi Putu Sutha, lari bukan sekadar olahraga (Foto: Getty Images/iStockphoto/baona)

Jakarta -

Penyanyi Putu Sutha baru-baru ini memiliki hobi baru, yakni berlari. Jebolan ajang pencarian bakat ini seringkali membagikan momen-momen dirinya ketika sedang berlari atau mengikuti marathon.

Bagi Sutha, berlari tak sekadar olahraga. Sebagai penyanyi dengan jadwal manggung cukup padat, ia berlari sebagai salah satu usaha untuk menjaga dan menyayangi tubuhnya.

"Saya punya metode penting namanya 'TER', T-nya itu train well, E-nya itu eat well, dan R yang kadang-kadang orang lupa itu rest well," ujar Sutha kepada , Sabtu (4/5/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sutha menambahkan, menjaga keseimbangan antara latihan, pola makan, dan istirahat yang cukup merupakan hal yang penting. Menurutnya, ini adalah hal fundamental untuk seseorang yang ingin hidup lebih sehat dan bugar, terlebih dirinya saat ini sedang hobi menggeluti dunia lari.

"Train well bagi aku adalah yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing ya, karena kan tiap orang beda-beda fitness level-nya. Biasanya yang bikin cedera adalah kita memaksakan untuk latihan, nge-lihat orang bisa long run-nya 15 km, 20 km kita pingin nyoba, harusnya kan bertahap," tambah Sutha.

ADVERTISEMENT

Lalu, Sutha juga mulai memerhatikan apa yang dikonsumsinya. Sebelumnya ia yang tidak doyan sayur, mau tidak mau harus mulai untuk mencoba memakannya, karena adanya kebutuhan serat. Beruntung, sang istri memiliki trik untuk hal tersebut.

"Jadi mau gak mau harus makan sayur, dan ternyata di rumah istri nge-triknya itu masak olahannya yang bikin gak bosen, yang rasanya aku suka. Yang awalnya aku gak suka, malah bisa menikmati, dan sekarang jadi wajib di menu makanan sehari-hari, sayuran serat," bebernya.

Pun dengan istirahat, Sutha mengakui bahwa pekerjaannya di bidang tarik suara memaksanya untuk bekerja hingga larut malam. Sehingga, ia memilih untuk berlari di sore hari atau ketika mendapatkan libur. Serta memilih satu hari untuk benar-benar istirahat total, baik fisik maupun pikiran.

"Aku sendiri kan kerjanya malam, jadi gak pernah maksimal kalau latihan pagi. Jadi ya kau menyesuaikan dengan kondisi tubuh aku dan jadwal kerja tentunya. Memang sehat itu yang utama, tapi kalau kurang istirahat kan jadinya malah gak jadi sehat.

Terakhir, Sutha berpesan untuk para pemula yang juga ingin menggeluti lari untuk latihan secara rutin dan bertahap, serta menjaga pola makan dan istirahat. Sehingga, nantinya bisa mendapatkan manfaat yang baik untuk tubuh.

"Ya itu tadi latihan yang benar, kalau cuman latihan yang benar tapi gak menjaga pola makan juga gak akan jadi. Gak jaga pola makan juga gak akan baik. Jadi 3 hal yang aku bilang tadi itu, latihan, makan, istirahat, itu adalah kunci," pungkasnya.



Simak Video "Kisah Pekerja Kantoran Jakarta yang Rajin Lari Gegara Lama Nunggu Angkot"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat