gtrees.net

Olahraga Sebelum Vs Setelah Buka Puasa? Dokter Ungkap Plus-Minus dan Rekomendasinya

Tired Muslim woman, an track and field athlete measuring her pulse trace with a fitness tracker, after she finishes with training
Olahraga sebelum atau setelah buka puasa? (Foto: Getty Images/SrdjanPav)

Jakarta -

Pilihan waktu olahraga jadi pertimbangan tersendiri saat puasa. Harus memperhitungkan kondisi tubuh, antara lemas karena lapar dan begah karena kekenyangan. Jadi, mending olahraga sebelum atau sesudah buka puasa?

Praktisi kesehatan olahraga dari Mayapada Hospital, dr Taufan Favian Reyhan, SpKO, menyebut lazimnya ada 3 pilihan waktu olahraga saat sedang berpuasa. Ketiganya adalah:

  • Setelah sahur
  • Sebelum buka puasa
  • Setelah buka puasa

Masing-masing pilihan menurut dr Taufan ada plus-minus yang perlu jadi pertimbangan. Olahraga setelah sahur, menurutnya memberikan keuntungan karena lebih bertenaga. Gula sebagai sumber energi untuk berolahraga sedang tinggi-tingginya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tapi minusnya adalah karena waktu bukanya masih panjang, nanti di hari yang harusnya kita produktif malah jadi lemas karena sudah habis tenaganya untuk olahraga di pagi hari," kata dr Taufan dalam perbincangan dengan , Jumat (15/3/2024).

Sedangkan jika memilih olahraga sebelum buka puasa, keuntungannya adalah waktu untuk replenish energi sudah lebih dekat. Jadi setelah letih dan kehausan karena olahraga, bisa langsung buka puasa.

ADVERTISEMENT

"Tapi minusnya tapi, kalau dari pagi saja tenaganya sudah habis (karena puasa), maka biasanya kita start excercise-nya dalam keadaan lemas. Jadi nggak fresh memulai olahraganya. Jadinya kita target programnya nggak dapet," jelas dr Taufan.

Pilihan ketiga, menurut dr Taufan, paling ideal. Pada saat ini, sumber energi di dalam tubuh baru saja diisi kembali saat buka puasa sehingga tubuh lebih bertengaga untuk memulai latihan. Minusnya, karena dekat dengan waktu istirahat maka ada risiko mengganggu waktu tidur.

"Habis buka, habis tarawih olahraga, akhirnya nggak bisa tidur karena masih segar badannya dan itu jadi masalah lain," jelas dr Taufan.

Pertimbangan lain ketika memilih olahraga setelah buka puasa adalah porsi makan. Disarankan makan secukupnya dahulu dan dilanjutkan lagi setelah olahraga, supaya tidak mengalami masalah dengan pencernaan maupun nyeri perut alias 'side stitch'.

"Bukanya simpel aja, buah mungkin dua tiga potong atau biskuit. Lalu olahraga dulu, olahraga bisa sambil nyemil. Setelah itu baru makan besar," saran dr Taufan.

NEXT: Bolehkah olahraga sebelum sahur?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat