gtrees.net

5 Tips Olahraga saat Puasa agar Badan Tetap Sehat dan Bugar

ilustrasi olahraga saat puasa
Ilustrasi olahraga saat puasa. Foto: Getty Images/maroot sudchinda

Daftar Isi
  • Tips Olahraga saat Puasa
  • 1. Olahraga Ringan di Siang Hari 2. Jangan Memulai Program Olahraga Baru 3. Berolahraga Setelah Buka Puasa 4. Jangan Makan Berlebih 5. Tetap Konsisten Olahraga
  • Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Selama Berpuasa
Jakarta -

Selama Ramadhan, umat muslim menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Terkadang, hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk berolahraga.

Sebab, banyak orang yang khawatir akan lemas jika melakukan olahraga di saat puasa. Sedangkan setelah berbuka, hawa malas dan lelah setelah beraktivitas membuat orang makin enggan berolahraga.

Padahal, olahraga tetap penting dilakukan meski sedang menjalani ibadah puasa. Namun, ada sejumlah tips agar olahraga tidak mengganggu jalannya ibadah suci ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lantas, apa saja tips olahraga saat puasa? Lalu jenis olahraga apa yang bisa dilakukan? Simak dalam artikel ini.

Tips Olahraga saat Puasa

Puasa bukan menjadi halangan untuk tetap berolahraga. Meski begitu, ada sebagian orang yang khawatir berolahraga malah bikin ibadah puasa jadi tidak lancar.

ADVERTISEMENT

Dilansir Business Insider, berikut sejumlah tips olahraga saat puasa agar tubuh tetap sehat dan bugar

1. Olahraga Ringan di Siang Hari

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah menjalankan olahraga ringan di siang hari, seperti berjalan kaki atau angkat barbel ringan. Apabila tubuh merespons dengan baik, maka kamu bisa meningkatkan intensitas olahraga di siang hari.

Latihan kardio juga bisa dilakukan selama menjalankan ibadah puasa. Meski begitu, tak semua orang dapat menjalani latihan yang intensitasnya cukup berat ini.

"Saya sudah melakukan itu (latihan kardio) selama bertahun-tahun dan tubuh saya meresponnya dengan baik. Namun, ini bukan sesuatu yang saya rekomendasikan secara umum kepada kebanyakan orang, tapi ini berhasil untuk saya," kata Faisal Abdallah, seorang personal trainer dari salah satu pusat kebugaran (gym).

2. Jangan Memulai Program Olahraga Baru

Selama berpuasa, Faisal menyarankan untuk jangan memulai program olahraga baru. Sebaiknya, tetap fokus berpuasa dan lakukan olahraga yang telah dijalankan sebelumnya.

"Ramadhan adalah tentang memperbaiki diri dalam segala hal dan kesehatan, jadi fokus pada hal itu," ujarnya.

Terlebih jika detikers termasuk orang yang jarang olahraga, apabila mengikuti program latihan tertentu bisa jadi tubuh merasa kelelahan dan akhirnya ibadah tidak lancar.

"Melakukan latihan yang intensif tidak dianjurkan apabila Anda dehidrasi dan tidak memiliki bahan bakar energi yang cukup," lanjut Faisal.

3. Berolahraga Setelah Buka Puasa

Tips lainnya adalah melakukan olahraga setelah berbuka puasa. Faisal mengatakan, jika ingin mempertahankan massa otot selama bulan Ramadhan, disarankan untuk melakukan olahraga minimal dua kali dalam seminggu.

Karena termasuk olahraga dengan intensitas cukup berat, maka sebaiknya dilakukan ketika setelah berbuka puasa atau sesudah melaksanakan sholat Tarawih.

4. Jangan Makan Berlebih

Sering kali orang-orang merasa 'balas dendam' saat berbuka puasa. Alhasil, segala makanan dan minuman dikonsumsi secara lahap ketika adzan Maghrib berkumandang.

Kata Faisal, hal tersebut merupakan salah satu kesalahan yang dilakukan banyak orang. Sebaiknya, fokus dalam meningkatkan energi dan memenuhi cairan tubuh yang kurang setelah berpuasa.

"Jangan makan berlebihan untuk mencoba mengimbangi kalori yang hilang di hari itu. Sebaiknya, luangkan waktu Anda dan jangan makan lebih dari apa yang Anda lakukan pada hari-hari biasa di luar Ramadhan," terang Faisal.

5. Tetap Konsisten Olahraga

Masalah utama dari olahraga adalah soal konsisten, apalagi jika melakukannya di bulan puasa. Belum lagi adanya kegiatan acara buka puasa bersama yang membuat program olahraga jadi berantakan.

Untuk itu, Faisal mengingatkan perlu konsisten dalam berolahraga agar tubuh tetap sehat dan bugar selama puasa. Hal ini dapat meminimalisir tubuh kehilangan massa otot secara signifikan.

"Jika Anda menjaga latihan secara konsisten dan diimbangi menjaga pola makan berkualitas dengan asupan protein tinggi, maka Anda tidak akan kehilangan massa otot secara signifikan," ungkapnya.

"Saya selalu menekankan bahwa konsistensi adalah kunci dan kehilangan sedikit massa otot tidak boleh menjadi perhatian utama selama Ramadhan. Kita berpuasa untuk tujuan yang lebih tinggi dan tidak boleh melupakan hal itu," pungkas Faisal.

Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Selama Berpuasa

Ada berbagai jenis olahraga yang dapat dilakukan selama menjalankan ibadah puasa. Apa saja? Cek di bawah ini:

  • Jalan kaki santai
  • Bersepeda santai
  • Jogging
  • Sit up
  • Push up
  • Back up
  • Yoga
  • Latihan barbel dengan beban ringan.

Demikian lima tips olahraga saat puasa agar badan tetap sehat dan bugar. Semoga artikel ini dapat membantu detikers.



Simak Video "3 Waktu Olahraga Paling Signifikan di Bulan Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat