gtrees.net

Sunscreen Disebut Memperparah Kulit Berjerawat, Dokter Ungkap Faktanya

Konferensi pers Wardah UV Shield Acne Calming Sunscreen Serum: The Real #AcneFighterProtector, Rabu (29/5/2024) di Main Atrium Senayan City, Jakarta Selatan
Foto: Dok. Gresnia/Wolipop.

Jakarta -

Sunscreen atau tabir surya merupakan skincare wajib bagi setiap orang. Fungsinya adalah untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV seperti kanker kulit dan penuaan dini.

Di samping itu, orang yang memiliki kulit berjerawat (acne prone) kerap mengabaikan sunscreen dalam skincare routine-nya. Sunscreen disebut-sebut dapat membuat kulit semakin berminyak dan memperparah kulit yang berjerawat.

"Itu mitos," ujar dokter sekaligus influencer dr Ayman Alatas, acara Peluncuran Wardah UV Shield Acne Calming Sunscreen Serum: The Real #AcneFighterProtector, di Jakarta, Rabu (29/5/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sinar matahari juga disebut dapat membuat jerawat kering. Padahal, hal ini hanya berlaku sekitar 15-20 menit saja.

"Long term effect-nya itu memperparah jerawat itu sendiri," kata dr Ayman.

ADVERTISEMENT

dr Ayman menyebut ada reaksi peradangan atau inflamasi yang disebabkan oleh sinar matahari. Selain itu, kulit kering yang tidak terlindungi sinar matahari dapat memperbanyak produksi minyak (sebum) di wajah.

"Misalkan kalau kita ada jerawat, nih. Sinar matahari ini kan memberikan kesan kulit yang berjerawat menjadi kering," ujar dr Ayman.

"Respons tubuh saat kulit kita kering ini yaitu mengeluarkan minyak agar kulit menjadi lembap. Minyak yang banyak ini akan menyumbat pori-pori jerawat sehingga dapat memperparah jerawat," kata dr Ayman.

Sinar matahari juga memperhambat proses ekfoliasi alami kulit. Sehingga, menyebabkan jerawat yang ada semakin parah. Hal ini belum termasuk menimbulkan bekas jerawat yang kemerahan atau kehitaman.

"Makanya sunscreen penting banget untuk memproteksi dari sinar UV. Sunscreen-nya juga nggak boleh sembarangan," kata dr Ayman.

Sunscreen yang disarankan untuk kulit berjerawat adalah sunscreen yang memiliki bahan aktif untuk mengatasi masalah tersebut. Seperti Salicylic Acid, Panthenol & Allantoin, dan Vitamin B3.

"Pilih yang non-allergenic, non-comedogenic, dan cari yang memiliki zat aktif untuk masalah jerawat," kata dr Ayman.

Salah satu sunscreen yang memiliki bahan aktif untuk mengatasi jerawat yaitu Wardah UV Shield Acne Calming Sunscreen Serum: The Real #AcneFighterProtector. Produk ini hadir dalam dua varian yaitu Wardah UV Shield Acne Calming Sunscreen Moisturizer SPF35 PA+++ dan Wardah UV Shield Sunscreen Serum SPF50 PA+++.

Sunscreen Wardah UV Shield Acne juga dilengkapi dengan teknologi Skinboost DNA. Teknologi pertama dan satu-satunya dari Wardah ini mampu melindungi kulit hingga ke level DNA.

"Jadi kalau sinar UV-nya masuk dan sampai merusak DNA, sunscreen-nya ini bisa memperbaiki kulit yang rusak tadi," kata Brand Building Wardah Face Care Kimiko Hikari Zuhria.

Sebagai informasi, acara peluncuran produk terbaru ini diikuti oleh Brand Building Wardah Face Care Kimiko Hikari Zuhria, Brand Ambassador Wardah Amanda Rawles, dan Dokter Influencer dr Ayman Alatas.



Simak Video "Kandungan Sunscreen Wardah UV Shield Lindungi Hingga Level DNA"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat