gtrees.net

Tips Kulit Wajah Tetap Sehat dan Glowing Meski Dihantam Suhu Panas

Wanita memakai sunscreen
Cuaca panas. (Foto: Getty Images/iStockphoto/artiemedvedev)

Jakarta -

Cuaca panas yang sering muncul belakangan ini dapat memicu berbagai permasalahan pada kesehatan kulit. Perlu diperhatikan ada beberapa langkah perawatan yang bisa dilakukan untuk menjaga kulit tetap sehat ketika cuaca panas.

"Pasti kita harus cleansing, moisturizer, dan juga protection. Cleansing itu cuci muka pakai produk yang gentle kalau bisa," kata spesialis kulit dr Arlene Rainamira, SpDVE ketika ditemui di Jakarta Selatan, Sabtu (8/6/2024).

"Terus yang kedua moisturizer atau pelembab yang bersifat menenangkan, dan yang ketiga protection atau sunscreen itu wajib dipakai ketika keluar rumah 30 menit sebelum," sambungnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

dr Arlene menjelaskan bahwa re-apply sunscreen juga penting dilakukan setiap tiga jam sekali. Terlebih apabila aktivitas memang lebih banyak dilakukan di luar ruangan.

Jika sedang menggunakan make up, re-apply sunscreen bisa dilakukan dengan membersihkan wajah terlebih dahulu. Jika masih ingin menggunakan make up, sunscreen berjenis spray atau semprot bisa menjadi alternatif.

ADVERTISEMENT

"SPF-nya itu minimal pakai yang 30 ya. Kalau tipe sunscreen untuk kulit sensitif lebih disarankan yang physical. Kalau yang mineral sunscreen memang lebih ringan di wajah cuma bahan aktifnya lebih banyak dan untuk kulit sensitif mungkin akan lebih mungkin muncul reaksinya," jelas dr Arlene.

"Misalnya nanti kulit jadi breakout, terus purging. Cuma lagi-lagi sekarang skincare itu sudah banyak yang aman, tapi untuk kulit sensitif, pasien autoimun, alergi, saya saranin yang physical sunscreen," tandasnya.



Simak Video "Cuaca Panas Pengaruhi Kesuburan Pria dan Wanita? Ini Kata Dokter"
[Gambas:Video 20detik]
(avk/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat