gtrees.net

Kisah Pilu Wanita 33 Tahun yang Pilih Suntik Mati di Hari Ulang Tahunnya

The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination.
Ilustrasi euthanasia. (Foto: Getty Images/iStockphoto)

Jakarta -

Seorang wanita di Belanda buka-bukaan soal keputusannya untuk mengakhiri hidupnya dengan suntik mati atau euthanasia. Hal itu ingin dilakukannya tepat di hari ulang tahunnya.

Jolanda Fun, seorang wanita 33 tahun yang didiagnosis mengalami kelainan makan, depresi berulang, autisme, hingga kesulitan belajar ringan. Ia telah mencoba banyak terapi untuk bisa tetap bertahan hidup.

"Gelap, rangsangan berlebihan, kekacauan di kepalaku, kesepian," katanya, dikutip dari laman People.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sering kali saya merasa sangat tidak enak. Sedih, sedih, suram. Orang-orang tidak melihatnya, karena itulah topeng yang saya kenakan dan itulah yang Anda pelajari dalam hidup."

Fun dikelilingi oleh keluarga, beberapa teman, dan seekor anjing. Namun, ia merasa hidupnya selalu dipenuhi dengan rasa sakit. Hal itu yang membuatnya memilih melakukan euthanasia.

ADVERTISEMENT

Dalam wawancaranya, Fun mengatakan kasusnya itu awalnya ditolak oleh Expertisecentrum Euthanasie, lembaga yang biasanya menangani kasus-kasus kompleks. Namun, ia menemukan psikiater yang bersedia melakukannya dan dua dokter lainnya yang setuju dengan keputusannya.

"Peraturannya sangat ketat. Anda tidak hanya mendapatkan euthanasia, ada keseluruhan perjalanannya. Tapi ini adalah kematian dengan cara yang bermartabat, tanpa rasa sakit, dilakukan oleh dokter. Orang yang Anda cintai bisa hadir di sana," jelas Fun.

"Dan tidak ada yang menemukan Anda dalam keadaan yang mengerikan - atau Anda tidak akan mengalami nasib buruk dan bahkan lebih buruk dari sebelumnya (setelah mencoba bunuh diri)," sambungnya.

Fun akhirnya memilih untuk melakukan euthanasia pada ulang tahunnya yang ke-34 pada 25 April 2024. Ia juga mempersiapkan undangan pemakamannya sendiri.

NEXT: Soal Euthanasia di Belanda



Simak Video "Pakar Farmasi Sebut Hasil Tes Narkoba Istri Bintang Emon Positif Palsu"
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat