gtrees.net

9 Tanda Orang Sudah Kecanduan Seks, Alami Salah Satunya?

ilustrasi kecanduan seks
Ilustrasi. (Foto: thinkstock)

Daftar Isi
  • Bagaimana Cara Membedakan Kecanduan Seks dan Gairah Seks Tinggi?
Jakarta -

Kecanduan seks adalah kondisi yang ditandai dengan pikiran dan perilaku seksual yang berlebihan. Jika tidak ditangani dengan tepat, kondisi ini bisa menimbulkan banyak dampak negatif terhadap kehidupan pribadi dan profesional seseorang.

Dikutip dari WebMD, kecanduan seks atau hiperseksualitas menyebabkan seseorang kehilangan kendali atas pikiran dan dorongan seksualnya.

Orang yang mengalami kecanduan seks memiliki karakteristik yang mirip dengan jenis kecanduan lainnya. Kecanduan seksual dapat muncul dalam berbagai bentuk, meliputi kecanduan terhadap:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

  • Tindakan seksual
  • Pornografi
  • Onani
  • Fantasi seksual
  • Voyeurisme, yakni keinginan untuk memperlihatkan alat kelaminnya di depan umum atau menonton orang lain melakukan aktivitas seksual

Seperti halnya kecanduan lain, kecanduan seks dapat berdampak buruk terhadap kesehatan fisik, mental, hubungan pribadi, pekerjaan, dan kualitas hidup.

Lantas, apa saja tanda-tanda seseorang mengalami kecanduan seks? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut karakteristik yang dapat mengindikasikan kecanduan seks:

ADVERTISEMENT
  1. Memiliki perilaku seksual yang obsesif
  2. Menghabiskan waktu lebih lama saat bercinta
  3. Memprioritaskan aktivitas terkait seks
  4. Menarik diri dari aktivitas lain
  5. Mengabaikan pekerjaan dan tanggung jawab demi seks
  6. Kerap melakukan aktivitas seksual yang tidak pantas atau berisiko
  7. Sering melakukan seks bebas
  8. Sering onani atau masturbasi
  9. Sering merasa malu atau depresi karena tidak bisa mengendalikan nafsunya

Bagaimana Cara Membedakan Kecanduan Seks dan Gairah Seks Tinggi?

Seseorang yang memiliki gairah seks tinggi mungkin akan sering memikirkan atau melakukan hubungan seks. Namun, orang yang sekadar memiliki gairah seks tinggi masih bisa mengendalikan dorongan tersebut dan menjalani kehidupan sehari-hari dengan normal.

Sebaliknya, seseorang yang mengalami kecanduan seks seringkali merasa tidak terkendali dalam berhubungan seks. Perbedaan-perbedaan ini juga tampak pada bagaimana seks memengaruhi hubungan dengan pasangan. Gairah seks tinggi dapat meningkatkan kepuasan bercinta, sedangkan kecanduan seks cenderung menyebabkan kesulitan atau ketidakpuasan saat melakukan aktivitas seksual.



Simak Video "Wajib Tahu Hal Ini Biar Nggak Kena Mental saat Main Medsos!"
[Gambas:Video 20detik]
(ath/naf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat