gtrees.net

6 Kebiasaan yang Bisa Tingkatkan Gairah Seksual Bercinta, Bye-bye Obat Kuat!

Shot of a couple lying under a blanket with hearts scattered on the bed
Foto ilustrasi: Getty Images/PeopleImages

Daftar Isi
  • 1. Konsumsi Makanan Tertentu
  • 2. Konsumsi Ginseng
  • 3. Olahraga
  • 4. Meningkatkan Kualitas Tidur
  • 5. Mengelola Kecemasan
  • 6. Mengonsumsi Makanan yang Seimbang
Jakarta -

Gairah seksual, atau yang lebih dikenal dengan istilah libido, memiliki tingkatan yang berbeda pada setiap orang. Faktanya, semakin bertambahnya usia seseorang, dapat mempengaruhi kemampuan ereksi

Faktor seperti gangguan psikologis, gangguan kesehatan tertentu, serta perubahan hormon dalam tubuh dapat menjadi penyebab menurunnya kemampuan ereksi.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat membantu meningkatkan gairah seksual dikutip dari Very Well Mind:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Konsumsi Makanan Tertentu

Beberapa jenis makanan yang baik untuk meningkatkan libido di antaranya adalah makanan kaya seng yang mengatur testosteron dan stamina, seperti tiram, daging merah, dan kacang pinus.

Kemudian makanan yang dapat meningkatkan stamina dan sirkulasi darah, seperti produk segar, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan.

ADVERTISEMENT

Makanan tinggi flavonoid seperti jeruk, paprika, teh, dan kakao juga penting karena dapat membantu mencegah disfungsi seksual.

2. Konsumsi Ginseng

Ginseng adalah salah satu tanaman herba yang banyak digunakan sebagai obat tradisional. Tanaman herba ini dipercaya mampu meningkatkan performa seksual dan mengobati disfungsi ereksi.

Salah satu varietas ginseng, yaitu Ginseng Merah Korea, terbukti secara khusus efektif dalam meningkatkan gairah seksual pada wanita menopause. Ginseng telah tersedia dalam bentuk kering sebagai bubuk atau pil, dan sering digunakan dalam keadaan segar untuk masakan Korea.

3. Olahraga

Olahraga telah terbukti dapat meningkatkan libido dengan cara meningkatkan aliran darah ke organ intim. Beberapa aktivitas fisik, dapat meningkatkan gairah seksual, termasuk melalui peningkatan citra diri, kesehatan kardiovaskular, suasana hati yang meningkat, peningkatan aktivitas sistem saraf simpatik, dan perbaikan sistem endokrin.

Segala bentuk olahraga dapat dilakukan. Tidak ada aturan khusus mengenai jenis aktivitas fisik yang harus dilakukan apabila tujuannya adalah meningkatkan gairah seksual.

Selain alkohol, obat-obatan seperti kokain juga dapat menurunkan libido. Kokain dapat membuat merasa baik sesaat dan memberikan kesan peningkatan gairah seksual. Namun, obat-obatan ini bisa merusak tubuh dalam jangka panjang, meninggalkan perasaan kosong setelah efeknya hilang.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Mengatur waktu tidur yang cukup dapat membantu meningkatkan libido. Gangguan tidur sering berkaitan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk rendahnya libido dan disfungsi seksual.

Apabila mengalami kondisi tidur yang serius, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan. Untuk masalah yang lebih ringan, seperti sesekali mengalami insomnia atau pikiran yang terus-menerus saat mencoba tidur, bisa mencoba metode untuk memperbaiki kebiasaan tidur.

5. Mengelola Kecemasan

Kecemasan dapat menjadi salah satu faktor yang dapat menurunkan libido dan memperburuk disfungsi ereksi. Ada berbagai jenis gangguan kecemasan yang mempengaruhi orang dengan cara yang berbeda. Kecemasan dapat diatasi dengan terapi, obat anti-kecemasan, atau metode alami seperti meditasi, pernapasan dalam, dan manajemen stres.

6. Mengonsumsi Makanan yang Seimbang

Seperti yang telah dijelaskan di awal, terdapat beberapa makanan yang dapat meningkatkan libido. Namun, ada pula makanan yang dapat menurunkan libido.

Makanan-makanan tersebut meliputi makanan lemak jenuh tinggi, seperti yang ditemukan dalam makanan gorengan. Makanan lemak jenuh tinggi tersebut dapat menyebabkan arteri tersumbat dan mengurangi aliran darah.

Selain makanan lemak jenuh tinggi, makanan lemak tak jenuh ganda, seperti minyak nabati juga dapat menurunkan kadar testosteron. Kemudian juga makanan dengan kandungan natrium tinggi serta makanan yang memerlukan insulin untuk diproses, seperti tepung putih dan gula.



Simak Video "Kenali Manfaat Seks Rutin Bagi Kesehatan untuk Pasutri"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat