gtrees.net

Pasutri Perlu Tahu, 5 Kebiasaan Tak Terduga Ini Bisa Menurunkan Gairah Seksual

Young female holding hands sensually on red silk bed.
Foto ilustrasi: iStock

Daftar Isi
  • 1. Stres dan Kelelahan
  • 2. Komunikasi yang Buruk dalam Hubungan
  • 3. Ketidakpuasan atau Kekhawatiran dalam Hubungan
  • 4. Pola Makan Tidak Sehat
  • 5. Kualitas Tidur Buruk
Jakarta -

Mempertahankan gairah seksual dalam hubungan adalah salah satu kunci kebahagiaan dalam sebuah rumah tangga. Namun, ada beberapa hal yang sering kali tidak disadari dapat menurunkan gairah seks pasangan. Berikut adalah lima hal yang bisa menurunkan gairah seks pasangan dikutip dari Harvard Men's Health.

1. Stres dan Kelelahan

Stres dan kelelahan adalah dua faktor utama yang dapat mengurangi gairah seksual. Kehidupan yang penuh tekanan, baik dari pekerjaan, keuangan, atau masalah pribadi lainnya, bisa membuat seseorang merasa tidak berenergi dan kurang tertarik pada aktivitas seksual.

Upayakan untuk bisa mencari cara dalam mengelola stres, seperti olahraga, meditasi, atau melakukan hobi, agar tetap bisa menjaga keseimbangan emosional dan fisik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

2. Komunikasi yang Buruk dalam Hubungan

Komunikasi yang buruk dalam hubungan bisa menjadi pemicu menurunnya gairah seks. Ketidakmampuan untuk mengekspresikan perasaan, kebutuhan, dan keinginan seksual satu sama lain dapat menciptakan jarak emosional.

Saling terbuka dan jujur dalam berkomunikasi merupakan hal penting, serta saling mendengarkan tanpa menghakimi, untuk memperkuat ikatan emosional dan seksual.

ADVERTISEMENT

3. Ketidakpuasan atau Kekhawatiran dalam Hubungan

Ketidakpuasan dalam hubungan, baik secara emosional maupun fisik, bisa menurunkan gairah seksual. Perasaan tidak dihargai, kurangnya kasih sayang, atau adanya konflik yang tidak terselesaikan dapat mengikis keinginan untuk berhubungan intim.

Seseorang dapat begitu khawatir terhadap perasaan emosional atau kinerja seksual sehingga seks tidak lagi menyenangkan. Kecemasan tersebut menjadi lebih umum pada pria dan wanita seiring bertambahnya usia, terutama ketika memasuki usia 50-an.

4. Pola Makan Tidak Sehat

Penurunan gairah seksual juga bisa disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Konsumsi makanan tinggi lemak, gula, dan makanan olahan bisa menyebabkan penurunan energi dan masalah kesehatan lain yang berpengaruh pada performa seksual.

Mulai mengubah pola makan seimbang dengan banyak sayuran, buah, biji-bijian, dan protein bisa meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan membantu menjaga gairah seksual.

5. Kualitas Tidur Buruk

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Dikutip dark Medical News Today, dalam sebuah penelitian Women's Health Initiative (WHI), perempuan yang melaporkan tidur kurang dari 7-8 jam cenderung kurang aktif dan puas secara seksual.

Kurang tidur dapat menyebabkan penurunan libido karena tubuh tidak memiliki cukup waktu untuk beristirahat dan memulihkan diri. Pastikan mendapatkan tidur berkualitas setidaknya 7-8 jam per malam untuk menjaga energi dan semangat seksual tetap tinggi.



Simak Video "Waktu Ideal Pasutri Berhubungan Intim di Bulan Ramadan"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat