gtrees.net

Mudah Marah dan Menangis Sebelum Haid, Wajar Nggak Ya Dok?

Ilustrasi menstruasi
Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Ekaterina79

Daftar Isi
  • Tentang Konsultasi Kesehatan
Jakarta -

Pertanyaan:

Dok, saya wanita usia 28 tahun. Sudah lama saya selalu mengalami perubahan mood, biasanya seminggu sebelum menstruasi. Bisa mudah marah dan menangis karena hal-hal kecil.

Apakah ini wajar dan bagaimana mengatasinya Dok?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tania (wanita, 28 tahun)

Jawaban:

ADVERTISEMENT

Sindrom pramenstruasi merupakan gejala-gejala, baik fisik maupun psikologis, yang terjadi menjelang menstruasi. Hal ini terjadi karena menjelang menstruasi terjadi perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron.

Perubahan mood seperti mudah marah, menangis tanpa sebab yang jelas dan rasa gelisah bisa saja terjadi pada periode ini. Bila perubahan mood ini terjadi dalam intensitas yang ringan dan tidak mengganggu fungsi kehidupan sehari-hari, maka hal ini masih dapat dikategorikan normal.

Namun, bila perubahan mood yang terjadi memiliki intensitas yang berat dan mengganggu fungsi kehidupan sehari-hari, sebaiknya berkonsultasi kepada profesional di bidang kesehatan jiwa. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui apakah ada gangguan psikologis yang perlu mendapatkan penanganan khusus, misalnya premenstrual dysphoric disorder.

Untuk mengatasi sindrom pramenstruasi, silakan menerapkan pola hidup sehat seperti:

  • Menerapkan pola makan yang sehat
  • Berolahraga secara rutin
  • Menerapkan kebiasaan tidur yang baik

Perempuan yang sudah mengalami menstruasi sebaiknya mencatat siklus menstruasinya. Bisa secara manual maupun dengan bantuan aplikasi khusus untuk menstruasi di telepon genggam.

Dengan pencatatan yang baik, kita dapat mengetahui dengan jelas keteraturan siklus menstruasi, gejala-gejala sindrom menstruasi yang dialami beserta intensitasnya, serta kapan gejala-gejala tersebut mulai dialami dan kapan berakhirnya.

Pengenalan yang baik tentang sindrom pramenstruasi yang dialami dapat membantu perempuan untuk mengenali perubahan mood yang terjadi dan mempermudah pengelolaan mood.

dr Alvina, SpKJ

Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa

Primaya Hospital Bekasi Barat

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca yang memiliki pertanyaan seputar kesehatan, dapat mengirimkan pertanyaan disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin melalui form Konsultasi , KLIK DI SINI.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Kerahasiaan identitas dijamin.

Mau tahu kondisi mental health kamu? Coba ikutan tes psikologi DI SINI.



Simak Video "Pekerja Pria di Jepang Coba Rasakan Sakitnya Menstruasi"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat