gtrees.net

Jumlah Langkah Vs Durasi Olahraga, Mana yang Lebih Penting?

Get ready to sweat
Apapun cara menghitungnya, yang penting tetap olahraga. (Foto: Getty Images/Kobus Louw)

Jakarta -

Kemampuan dan target olahraga pada masing-masing orang berbeda. Para peneliti mengatakan memilih cara mengukur dalam berolahraga harus sesuai dengan preferensi pribadi. Namun, sudah dipastikan oleh para peneliti jika orang yang lebih banyak berolahraga bisa hidup lebih lama dan rendah untuk memiliki risiko penyakit kardiovaskular.

Dikutip dari Medical News Today, peneliti di Brigham and Women's Hospital (BWH) di Boston, Amerika Serikat mengatakan target latihan berbasis waktu atau mengukur jumlah langkah sama-sama berkaitan dengan risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular dan risiko rendah kematian dini.

Tidak masalah memilih metode seperti apa untuk mengukur olahraga. Baik menghitung waktu atau jumlah langkah saat berjalan, keduanya baik asal sejalan dengan preferensi pribadi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Studi baru yang dipublikasikan di jurnal JAMA Internal Medicine ini juga mengatakan aktivitas fisik mengurangi risiko penyakit kronis dan infeksi serta berpotensi memiliki umur panjang.

Dikatakan juga pada panduan Amerika Serikat tahun 2018, pada orang dewasa harus melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik sedang hingga berat, seperti berjalan cepat atau 75 menit aktivitas berat seperti jogging per minggu.

ADVERTISEMENT

Terkait hal ini, seorang pakar kardiologi intervensi di Northwest Vascular Cardiologists di Chicago, Rohit Vuppuluri membeberkan pendapatnya mengenai penghitungan jumlah langkah.

"Berolahraga untuk mencapai tujuan langkah adalah hal yang bagus karena merupakan latihan ringan yang dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Manfaat terbesar dari penghitungan langkah adalah dapat dilakukan sepanjang hari sehingga dapat mencapai tujuan tanpa harus menyisihkan waktu untuk berolahraga," kata Vuppuluri.

Namun, Vuppuluri mengatakan menghitung langkah mungkin tidak menghasilkan latihan yang ketat bagi beberapa orang dan mungkin memakan waktu terlalu lama jika dilakukan dengan kecepatan yang lebih lambat.

Meskipun demikian, kembali kepada pembahasan awal jika preferensi menghitung langkah atau mengukur kecepatan waktu adalah sama baiknya untuk kesehatan tubuh. Semuanya dilakukan tergantung preferensi pribadi.



Simak Video " Manfaat Rutin Berjalan Kaki 10 Ribu Langkah Setiap Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat