gtrees.net

Cara Tepat Hempaskan Perut Buncit, Rajin Sit-up Nggak Bikin 'Body Goals'

doing exercise in gym
Ilustrasi buncit. (Foto: Getty Images/Patrick Chu)

Jakarta -

Tak sedikit orang yang mengeluh mengalami kenaikan berat badan setelah lebaran. Kondisi ini akhirnya tak jarang memunculkan 'efek' perut buncit setelah liburan hingga membuat seseorang tidak percaya diri.

Melakukan sit up kerap dikatakan sebagai salah satu solusi untuk menghilangkan perut buncit yang muncul. Namun, apakah hal ini memang terbukti benar atau hanya mitos?

Spesialis Kedokteran Olahraga dr Andika Raspati, SpKO menyebut bahwa hal tersebut adalah mitos. Menurut dr Andika, hanya melakukan sit up tidak akan membuat perut yang buncit menghilang. Menurutnya proses menghilangkan perut buncit juga memerlukan pengaturan pola makan yang lebih baik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Mitos karena kalau kita bicara sit up, itu latihan otot sebenarnya, jadi dia membentuk otot di perut. Kalau bicara orang buncit yang perutnya agak 'offside', itu kan sebenarnya karena ada tumpukan lemak di depan dan bagian belakang ototnya," ucap dr Andika dikutip dari 20detik, Minggu (21/4/2024).

Menurut dr Andika, apabila hanya melakukan sit up tanpa mengatur kalori dan pola makan, maka lemak yang tertimbun akan tetap berada di perut. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan perut buncit adalah dengan melakukan kalori defisit.

ADVERTISEMENT

Kalori defisit merupakan cara menurunkan berat badan dengan mengurangi asupan kalori harian.

"Artinya bukan dengan sit up sebenarnya, tapi mengatur pola makan, maksimalkan bakar kalori harian, sehingga lemaknya terkikis dia akan rata. Nanti dengan melatih otot perut, begitu lemaknya berkurang karena kalori defisitnya akan lebih keren itu perut kotak-kotak," tandasnya.



Simak Video "Mitos atau Fakta: Sit Up Bikin Perut Buncit Mengecil"
[Gambas:Video 20detik]
(avk/avk)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat