gtrees.net

Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut Buncit, Beneran Ada Nggak Sih? Kata Dokter Sih Gini

Tired woman exercising on a treadmill and holding her forhead at a gym
Memangnya bisa, membakar lemak hanya di bagian tubuh tertentu? (Foto: Getty Images/Ljupco)

Jakarta -

Di media sosial banyak sekali bertebaran tips melakukan gerakan untuk mengecilkan perut yang membuncit, salah satunya karena kalap makan enak saat lebaran. Pandangan netizen terbelah, memangnya bisa membakar lemak hanya di bagian tubuh tertentu?

Konsep membakar lemak di bagian tertentu saja dikenal sebagai 'spot reduction', dan sejak lama jadi perdebatan. Sebagian menyebutnya mitos karena metabolisme lemak terjadi secara sistemik di seluruh tubuh, tidak bisa dilokalisir misalnya hanya di bagian perut.

Pandangan lain menyebut, tetap butuh gerakan olahraga yang disesuaikan jika punya target yang spesifik ingin membentuk bagian tubuh tertentu misalnya perut. Karenanya, banyak yang membagikan gerakan-gerakan olahraga yang diklaim secara spesifik bisa mengecilkan perut buncit.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jadi yang benar bagaimana, beneran bisa nggak sih mengecilkan perut buncit saja? Konsultan sport injury dari RS Abdi Waluyo, dr I Gusti Made Febry Siswanto, SpOT(K), menjelaskan pendapatnya.

Lemak perut, menurut dr Febry, secara umum berada di dua lokasi. Pada perempuan, lemak perut lebih banyak berada di extra abdominal atau di dinding perut. Sebaliknya pada pria, lemak perut lebih banyak berada di intra abdominal.

ADVERTISEMENT

"Dengan latihan yang dilakukan otomatis semuanya akan terbakar," kata dr Febry dalam perbincangan dengan baru-baru ini.

Menurutnya, pembakaran lemak saat berolahraga memang terjadi di seluruh tubuh. Namun untuk membentuk bagian tubuh tertentu, tidak cukup hanya membakar lemaknya tetapi juga butuh melatih otot yang lokasinya memang spesifik.

"Misalnya kita mau di bagian perut berkurang, itu tetep dilakukan tapi otot perutnya itu tetep dilatih juga dengan latihan latihan spesifik untuk bagian tersebut," jelas dr Febry.

"Atau mau bagian mananya yang mau dikurangin ya kita tambahkan dengan otot bagian situ juga dilatih," jelasnya.

NEXT: Kardio vs latihan otot, mana lebih efektif?



Simak Video "KuTips: Olahraga Minim Cedera Seusai Absen di Ramadan-Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat