gtrees.net

Pengin Punya Body Goals dan Enyahkan Buncit? Kuncinya, Nggak Mager!

asian fat women , Fat girl , Chubby, overweight squeeze belly fat with measure tape on her neck - Woman diet lifestyle overweight problem concept
Ilustrasi perut buncit. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Suphaporn)

Jakarta -

Memiliki berat badan ideal dapat dicapai dengan perubahan pola makan dan juga aktivitas fisik seperti olahraga. Namun, dalam beberapa kasus, proses penurunan berat badan terasa sulit akibat sulit menemukan waktu untuk berolahraga.

Pakar kebugaran John Schaefer mengatakan bahwa berolahraga dapat dilakukan tanpa harus pergi ke gym. Menurutnya, kebiasaan sederhana seperti jalan kaki bisa menjadi salah satu efektif untuk menurunkan berat badan.

"Sejauh ini, salah satu cara termudah untuk meningkatkan laju penurunan berat badan adalah dengan mulai berjalan lebih banyak. Sasarannya adalah 10.000 langkah sehari," kata Schaefer dikutip dari Mirror, Kamis (6/6/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurutnya, berjalan kaki merupakan cara menurunkan berat badan yang paling banyak tak disadari oleh orang. Dengan menjaga rutinitas berjalan kaki 10 ribu langkah setiap hari, selama 100 hari total berjalan 1 juta langkah telah dilakukan.

"Anda membakar 100 kalori per mil (1,6 km) berjalan. Tidak hanya membantu Anda dalam keseharian, namun itu juga menambah pembakaran kalori yang luar biasa seiring berjalannya waktu," sambungnya.

ADVERTISEMENT

Tak sedikit penelitian yang mengaitkan manfaat jalan kaki dengan kesehatan secara umum. Salah satunya seperti penelitian University of Southern Denmark menemukan bahwa berjalan 9.800 langkah sehari dapat menurunkan risiko demensia secara signifikan. Penelitian tersebut dilakukan berdasarkan analisis 78.430 responden.

Schaefer juga menyoroti manfaat mental dan fisik dari rutinitas berjalan kaki secara teratur. Rata-rata orang berjalan kaki sebanyak 3-4 ribu langkah setiap hari.

"Ini baik untuk pikiran, baik untuk nyeri otot. Jalan-jalan sambil membawa anjing, sambil menelepon teman, bebas. Ini adalah cara super mudah untuk mewujudkan penghilangan lemak permanen," tandasnya.

Untuk meningkatkan manfaat dari jalan kaki, lakukan lah dengan kecepatan yang sedikit lebih tinggi untuk membangun stamina, membakar kalori berlebih, dan membuat jantung lebih sehat.



Simak Video "Mitos atau Fakta: Sit Up Bikin Perut Buncit Mengecil"
[Gambas:Video 20detik]
(avk/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat