gtrees.net

Olahraga Seperti Apa Sih yang Aman Selama Bulan Ramadan? Begini Kata Dokter

Jakarta -

Walaupun mungkin akan terasa lebih berat, olahraga selama puasa masih sangat perlu dilakukan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika berolahraga selama Ramadan agar kebugaran tetap terjaga dan tidak justru jadi 'bumerang' bagi kesehatan.

Spesialis kedokteran olahraga Mayapada Hospital dr Taufan Favian Reyhan, SpKO menuturkan bahwa idealnya, olahraga yang baik itu memiliki tiga unsur lengkap, yaitu latihan kardio, latihan kekuatan, dan kelenturan. Hal yang menjadi pembeda dari olahraga saat bulan puasa dan waktu biasa adalah intensitas dan volume yang harus dikurangi.

"Selama bulan puasa yang perlu dilakukan secara regulasi biasanya kita turunkan secara intensitas dan volume. Jadi kalau biasanya mungkin larinya satu jam, kita turunkan ke 30 menit dulu. Kecepatan juga diturunkan. Beban latihannya juga diturunkan volumenya," ucap dr Taufan pada , Jumat (15/3/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

dr Taufan berkata bahwa penyesuaian tersebut tidak harus dilakukan selama satu bulan penuh. Pada pekan ketiga dan keempat, intensitas olahraga bisa dikembalikan seperti semula.

Penyesuaian tersebut menurut dr Taufan sangat penting karena terdapat banyak perubahan selama bulan puasa. Mulai dari pola makan, pola tidur, hingga waktu latihan atau olahraga selama berpuasa.

ADVERTISEMENT

"Olahraga yang aman tentunya yang dikenali ya. Kalau dia sudah biasa lari misalkan, 'saya biasa lari Dok saya punya program untuk marathon', ya lakukan saja kembali. Tapi ya kembali lagi, intensitas dan volumenya itu harus disadari. Ini bulan puasa jadi nggak bisa terlalu yang gimana-gimana," tambahnya.

dr Taufan mengingatkan, selama berpuasa ada baiknya tujuan olahraga lebih diniatkan kepada pemeliharaan tubuh, bukan untuk meningkatkan performa. Pemeliharaan tersebut dapat meliputi pemeliharaan kebugaran atau menjaga berat badan agar tidak naik.

"Selama bulan puasa niatnya harus maintain, maintain berat badan paling tidak. Jadi nggak bisa ngincer, 'saya mau gedein badan, mau ngencengin, mau naikin performa'. Rasanya nanti dulu deh," pungkasnya.



Simak Video "3 Waktu Olahraga Paling Signifikan di Bulan Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(avk/naf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat