gtrees.net

Waktu Olahraga Terbaik Saat Puasa, Penting Biar Nggak Tumbang

Tired Muslim woman, an track and field athlete measuring her pulse trace with a fitness tracker, after she finishes with training
Waktu yang tepat untuk olahraga saat puasa (Foto: Getty Images/SrdjanPav)

Jakarta -

Ketika umat Islam menjalankan ibadah puasa Ramadan, sering kali muncul pertanyaan kapan waktu yang tepat untuk olahraga. Dilematis memang, karena tidak leluasa makan dan minum sepanjang hari.

Puasa atau tidak, melakukan olahraga sebenarnya merupakan kebutuhan jasmani yang direkomendasikan karena manfaatnya dari segi kesehatan. Namun, penting pula untuk memperhatikan waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa, demi menjaga hidrasi dan menghindari kelelahan secara fisik.

"Olahraga sebenarnya tidak apa-apa, tapi harus memilih waktu yang tepat, kuncinya kenali diri sendiri, sesuai dengan kemampuan diri sendiri," kata praktisi olahraga, dr Yohanes Toban Layuk Allo, SpOT(K) kepada wartawan di Jakarta Selatan, Kamis (7/3/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lantas, kapan waktu terbaik untuk olahraga ketika puasa? Menurut dr Toban, waktu terbaik untuk olahraga saat puasa idealnya adalah satu jam menjelang buka puasa.

"Puasa itukan kekurangan cairan terutama elektrolit sama gula. Nah jadi waktu olahraga yang paling tepat, tentu menjelang bisa minum dan setelah minum. Jadi waktunya adalah sekitar satu jam menjelang berbuka puasa, karena pada saat misalnya udah olahraga nih, udah haus banget, kan nggak mungkin batalin puasa, tapi kalau emang udah waktunya berbuka kan enak tinggal minum," tuturnya.

ADVERTISEMENT

Selain satu jam menjelang buka puasa, olahraga setelah berbuka puasa juga dapat menjadi salah satu alternatif pilihan untuk beberapa orang yang tidak bisa menoleransi penurunan gula dalam darah.

"Kan beberapa orang kurang bisa menoleransi penurunan gula dalam darah, untuk yang seperti itu lebih disarankan yaudah olahraganya setelah berbuka aja, jadi isi dulu nih gulanya, isi dulu elektrolitnya, bisa berbuka dengan yang manis, kan yang manis ada kandungan gula tuh, nah gula ini bisa diperlukan untuk menambah energi tubuh, baru setelah itu olahraga," ungkapnya.

"Untuk orang-orang yang seperti itu saya lebih merekomendasikan olahraganya setelah berbuka, tapi ada orang yang beda dan nggak semua kebutuhannya sama, jadi kembali lagi kenali diri sendiri," pungkasnya.



Simak Video "Tips Puasa Sehat: Jaga Pola Makan hingga Jangan Lupa Olahraga!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat