gtrees.net

Puasa Bukan Alasan Setop Olahraga, Begini Cara Mereka Menyiasatinya

Olahraga CFD
Cara warga DKI Jakarta menyiasati rutinitas olahraga selama bulan puasa nanti. (Foto: detikhealth/Averus Al Kautsar)

Jakarta -

Warga DKI Jakarta nampak bersemangat beraktivitas di Car Free Day (CFD) terakhir sebelum memasuki bulan puasa. Berdasarkan pemantauan di wilayah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), masyarakat nampak antusias olahraga 'closingan' bersama keluarga dan sahabat sebelum akhirnya nanti puasa satu bulan penuh.

Salah satu permasalahan yang sering muncul ketika berpuasa adalah kesempatan olahraga yang menjadi berantakan. Ketika berpuasa, asupan makanan dan cairan menjadi berkurang sehingga tak jarang masyarakat jadi malas untuk berolahraga.

Bagaimana sih cara warga DKI menyiasati hal tersebut? Yudit (23) warga Jakarta Selatan menuturkan bahwa ia akan tetap berusaha berolahraga selama bulan puasa. Penyesuaian jadwal latihan menjadi 'jurusnya' agar bisa tetap bergerak aktif walaupun sedang berpuasa.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kalau saya sih nanti lebih ke waktunya sih ya. Jadi misalnya saya biasanya lari itu kan seringnya di pagi nanti diubah sore jam 4-5 itu mungkin terus larinya lebih ke 'fun run' yang lebih nggak nguras tenaga," ucap pria yang gemar olahraga lari tersebut ketika ditemui , Minggu (10/3/2024).

Yudit menuturkan bahwa dirinya akan tetap berolahraga walaupun sedang berpuasa. Ini menurutnya penting untuk menjaga performanya dalam berolahraga, terlebih ia memang sedang fokus untuk meningkatkan kemampuan berlarinya.

ADVERTISEMENT

"Saya lagi hobi race lari, jadi jangan sampai nanti performa saya turun. Saya tetap lari tapi pas menjelang berbuka, jaraknya mungkin juga, tapi harus tetap dijaga performancenya," sambung Yudit.

Tak jauh berbeda, hal yang sama juga dilakukan oleh Kiki (36). Pria asal Jakarta ini mengaku rutin olahraga sebanyak enam kali dalam waktu seminggu. Tidak hanya itu saja, dirinya saat ini juga dalam persiapan untuk mengikuti ajang marathon di akhir tahun.



Simak Video "3 Waktu Olahraga Paling Signifikan di Bulan Puasa"
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat