gtrees.net

Chuando Tan Sempat Kena Mental gegara Dipuji Awet Muda: Saya Juga Menua

Potret Chuando Tan, Dikira Umur 30-an padahal Sudah Hampir 60 Tahun
Chuando Tan. (Foto: Instagram/ @chuando_chuandoandfrey)

Jakarta -

Memiliki tampilan tubuh yang bugar dan awet muda jadi impian banyak orang. Tak banyak orang yang bisa tetap sehat dan kekar di usia yang sudah menginjak 50-an.

Kebanyakan orang berusia 50 tahun akan menghadapi sejumlah masalah kesehatan. Tapi berbeda dengan Chuando Tan, model dan fotografer asal Singapura yang kekarnya bikin iri.

Bercerita kepada Strait Times, tubuhnya yang bugar tidak terbentuk satu-dua hari. Dia sudah rutin menjalani aktivitas yang sehat sejak masih berusia 20-an.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di samping menjaga fisiknya tetap bugar, dia juga mengatakan menjaga kesehatan mental sangat penting bagi mereka yang ingin awet muda.

"Kesehatan mental sangat penting. Banyak orang pergi ke gym setiap hari, tapi mereka selalu marah dan mengeluarkan keringat untuk hal-hal kecil," bebernya.

ADVERTISEMENT

Menurutnya, seseorang yang tenang dan bahagia akan tampil jauh lebih sehat dan bisa terlihat dari wajahnya. Ketika terlalu stres dan selalu berpikir negatif, hidup akan menjadi kacau sehingga berdampak pula pada kesehatan fisik.

Meski demikian dia juga mengaku sempat merasa stres karena sorotan publik terkait gaya hidupnya dan tubuhnya yang tidak menua. Dia mengakui banyak yang terus menerus bertanya tentang tips awet muda yang ternyata membuatnya agak tertekan.

"Saya merasakan tekanannya. Sebab, jauh di lubuk hati aku tahu aku tidak semuda itu. Saya menua. Jadi saya tidak akan memberikan kesan yang salah bahwa saya selamanya muda," ujarnya.

Chuando Tan yang akan berusia 58 di tahun ini baru saja merilis buku tentang perjalanan hidupnya dan bagaimana dia bisa tetap tampil bugar. Pria kelahiran Maret 1966 ini juga membagikan resep menjaga kesehatan bagi orang-orang seusianya.

"Aktivitas yang Anda lakukan sepanjang hari harus sama dengan kalori yang Anda bakar sepanjang hari - sesederhana itu. Dan jumlah makanan yang Anda konsumsi sepanjang hari sama dengan kalori yang Anda masukkan ke dalam tubuh," ujarnya.



Tips Cegah Penuaan Dini dari Dermatolog

Tips Cegah Penuaan Dini dari Dermatolog


(kna/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat