gtrees.net

Viral Joki Strava, Begini Fungsi dan Cara Kerja Aplikasinya untuk Lari Marathon

Ilustrasi lari
Ilustrasi joki strava (Foto: Shutterstock)

Jakarta -

Viral di media sosial jasa joki Strava untuk kebugaran. Strava adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk mencatat aktivitas olahraga.

Data yang tercatat di aplikasi Strava bisa dibagikan ke media sosial lainnya seperti Instagram Stories dan X. Bukan tidak mungkin, hal inilah yang membuat saat ini banyak orang yang membuka jasa joki Strava.

"Maksudnya supaya dianggap bahwa dia bugar, fit, kencang pace-nya. Tapi itu kan memalsukan data aktivitas fisik dia sendiri. Itu kan mirisnya," kata spesialis kedokteran olahraga dr Andi Kurniawan, SpKO menanggapi fenomena joki Strava.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebenarnya apa sih aplikasi Strava itu? Berikut fungsi dan cara kerjanya.

Apa Itu Aplikasi Strava?

Strava adalah platform kebugaran sosial dengan lebih dari 88 juta pengguna di hampir setiap negara di seluruh dunia. Fungsi utamanya adalah melacak hasil olahraga. Layanan ini memungkinkan seseorang untuk melacak aktivitas lari, bersepeda, dan hiking mereka dengan memanfaatkan data GPS.

Strava mencatat data aktivitas pengguna, yang kemudian dapat dibagikan kepada pengikut pengguna atau dibagikan secara publik. Jika suatu aktivitas dibagikan secara publik, Strava secara otomatis mengelompokkan aktivitas yang terjadi pada waktu dan tempat yang sama (seperti mengikuti lari maraton, olahraga, atau berkelompok).

Informasi rekaman aktivitas dapat mencakup ringkasan rute, ketinggian (bersih dan searah), kecepatan (rata-rata, minimum, maksimum), waktu (total dan waktu pergerakan), tenaga, dan detak jantung atau heart rate.

Cara Menggunakan Strava

1. Instal aplikasinya

Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi Strava, yang kompatibel dengan sebagian besar perangkat Android dan iOS. Cukup buka Apple App Store atau Google Play dan cari Strava.

2. Mendaftar

Setelah mengunduh aplikasinya, Anda akan diminta untuk mengisi nama, jenis kelamin, dan tanggal lahir.

3. Sesuaikan pengaturan

Untuk mengubah pengaturan kapan saja, buka tab Profil di bilah menu bawah. Di pojok kanan atas, tekan ikon roda gigi untuk membuka pengaturan. Di sinilah pengguna dapat membuat perubahan pada seluruh pengalaman dengan Strava, termasuk aplikasi dan perangkat yang terhubung, unit pengukuran, pemberitahuan push, dan yang terpenting, pengaturan privasi.

4. Mulai olahraga

Layar akan menampilkan notifikasi GPS Signal Acquired. Lalu tampil pula Time (waktu), Average Speed (kecepatan rata-rata), dan Distance (jarak). Selanjutnya, berlari atau bersepedalah seperti biasanya. Strava akan tetap merekam meski layar ponsel mati.

Jika olahraga sudah selesai dilakukan, ketuk tombol Stop lalu Finish.



Tips Temukan 'Skincare Guru' yang Kredibel di Media Sosial

Tips Temukan 'Skincare Guru' yang Kredibel di Media Sosial


(kna/up)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat