gtrees.net

Rahasia Bugar 'Petarung' MMA Max Metino, Pantang Mager Meski Tak Lagi Muda

Max Metino
Max Metino membagikan tips agar tubuh tetap bugar meskipun usianya tidak lagi muda. (Foto: Charina Elliani/detikHealth)

Jakarta -

Sebagai aktor, petarung, sekaligus pelatih MMA, Max Metino memiliki rutinitas sendiri untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya di usianya yang kini sudah memasuki 48 tahun. Bahkan, tahun lalu ia berhasil meraih gelar 'profesor' dalam bidang MMA brazilian jiu jitsu. Ia menjelaskan, gelar 'profesor' ini diberikan pada orang yang memiliki keahlian sebagai guru atau pengajar bela diri.

Di usianya yang bisa dibilang tak lagi muda, pemeran dalam film The Raid 2 itu mengaku tak menyukai sebutan 'pensiun' untuk berolahraga. Menurutnya, olahraga seharusnya terus dilakukan seiring dengan bertambahnya usia.

"Orang terbalik. 'Ah gua udah tua nih gua pengen pensiun olahraga nih', itu malah terbalik. Semakin kita tambah umur, semakin massa otot menurun, itu akan menurunkan semuanya tuh. Jadi harusnya semakin nambah umur, orang harus semakin sering olahraga," ujar Max Metino saat ditemui di kawasan Jakarta Utara, Senin (29/5/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kata-kata pensiun itu kata-kata yang paling saya nggak suka. Mau pensiun olahraga, pensiun kerja, jangan pensiun sampai akhir. Karena itu bisa bikin alzheimer, pikun, terus bisa bikin otot kita turun, stamina kita turun," tambahnya.

Mengenai rutinitasnya sehari-hari, Max saat ini hanya rutin menjalani olahraga MMA. Namun, ia tidak hanya menjalankan cabang brazilian jiu jitsu saja, tetapi juga berbagai cabang olahraga MMA lainnya.

ADVERTISEMENT

"Olahraganya (sehari-hari) lebih MMA aja sih. Jadi ini kan banyak, ada boxing, muay thai, saya melatih semuanya," ucapnya.

Selain rutin berolahraga setiap harinya, ia juga menjaga pola makan yang sehat. Max mengatakan dirinya sudah menjalani pola makan vegetarian selama lebih dari 20 tahun.

"Biasanya di pagi hari setelah bangun tidur saya sarapan. Saya sarapan layaknya orang normal sih, kadang-kadang makan nasi, terus pastinya sayur-sayuran dan buah-buahan, kacang-kacangan saya makan, tapi saya makan dalam porsi sedikit dan telur," bebernya.

NEXT: Jaga nutrisi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat