gtrees.net

6 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan Tubuh, Termasuk Turunkan Kadar Kolesterol

daun bidara
Ilustrasi daun bidara. (Foto: iStock)

Daftar Isi
  • 1. Mengatasi Susah Tidur
  • 2. Menjaga Kelembapan Kulit
  • 3. Menurunkan Kolesterol
  • 4. Membantu Penyembuhan Luka
  • 5. Mengatasi Gangguan Pencernaan
  • 6. Berpotensi Mencegah Kanker
Jakarta -

Daun bidara mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian orang. Namun, tanaman ini memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh loh.

Bidara (Ziziphus mauritiana), atau yang dikenal juga dengan jujube adalah tanaman yang banyak ditemukan di wilayah Asia, seperti India, China, Jepang, Malaysia, dan Indonesia. Tanaman ini menghasilkan buah dan daun yang dapat dikonsumsi sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Bahkan, daun bidara juga memiliki khasiat yang dicari oleh kaum hawa, seperti menghilangkan kerutan dan mencerahkan wajah. Lantas, apa saja khasiat daun bidara? Berikut informasinya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Mengatasi Susah Tidur

Daun bidara sejak lama telah dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi insomnia. Khasiat ini berasal dari kandungan antioksidan, seperti flavonoid dan saponin yang ada pada daun tersebut.

Sejumlah penelitian menemukan antioksidan pada daun bidara dapat membantu mengurangi tingkat ansietas atau kecemasan. Ansietas adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan sulit tidur.

ADVERTISEMENT

Selain itu, saponin dapat meningkatkan produksi hormon serotonin yang berperan dalam mengatur siklus tidur.

2. Menjaga Kelembapan Kulit

Kandungan antioksidan pada ekstrak buah dan daun bidara dipercaya dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Tak hanya itu, ekstrak bidara juga dapat membuat kulit menjadi lebih cerah, menghilangkan kerutan, serta membuat wajah tampak lebih muda.

3. Menurunkan Kolesterol

Beberapa penelitian juga menunjukkan antioksidan yang terkandung pada daun bidara dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah. Dengan demikian, daun bidara memiliki potensi untuk mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti hipertensi, jantung, dan stroke.

4. Membantu Penyembuhan Luka

Di India, daun bidara kerap digunakan untuk mengatasi luka pada kulit, seperti lecet, luka gores, hingga luka bakar. Penelitian pun menunjukkan ekstrak daun bidara dapat mempercepat proses penutupan luka.

5. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Sama seperti buahnya, daun bidara juga mengandung serat yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Serat dapat membantu mengatasi sembelit dengan cara melunakkan dan menambah volume tinja, sehingga mudah dikeluarkan dari dalam tubuh.

Tak hanya itu, ekstrak daun bidara juga dapat memperkuat lapisan pelindung di lambung dan usus. Hal ini dapat mengurangi risiko kerusakan akibat tukak lambung, cedera, dan infeksi bakteri.

6. Berpotensi Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan pada daun bidara, seperti flavonoid, dapat menangkal efek radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas merupakan molekul yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel dan jaringan tubuh. Dalam jangka panjang, kerusakan sel akibat radikal bebas tersebut dapat memicu penyakit kronis, salah satunya adalah kanker.

Karenanya, mengonsumsi daun bidara dapat membantu mencegah terjadinya kanker.



Simak Video "Cara Memastikan Kualitas dan Keaslian Ramuan Herbal"
[Gambas:Video 20detik]
(ath/suc)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat