gtrees.net

7 Obat Gatal Kemaluan Tradisional untuk Wanita dan Pencegahannya

Woman with Hands Holding her Crotch
Ilustrasi daerah kemaluan wanita. Foto: iStock

Daftar Isi
  • Obat Gatal Kemaluan Tradisional untuk Wanita
  • 1. Yoghurt dan Madu 2. Cuka Sari Apel 3. Minyak Pohon Teh 4. Daun Kemangi 5. Minyak Kelapa 6. Lidah Buaya 7. Kompres Dingin
  • Cara Mencegah Gatal Kemaluan
  • 1. Memakai Celana Dalam Katun 2. Makanan Probiotik 3. Selalu Menjaga Kebersihan
Jakarta -

Gatal pada kemaluan wanita bisa terjadi bisa terjadi karena berbagai hal, dengan obat yang berbeda. Jika penyebabnya ringan, gatal pada kemaluan wanita akan sembuh sendiri. Berbeda halnya jika penyebab gatal cenderung berat.

Dikutip dari Healthline, penyebab gatal kemaluan wanita antara lain iritasi akibat produk sabun, losion, tisu, dan benda lain yang mengandung alkohol, pewarna, atau wewangian. Atau bisa juga disebabkan eksim, infeksi jamur, menopause, hingga penyakit berbahaya seperti Infeksi Menular Seksual (IMS) dan kanker vulva.

Jika gatal masih terasa ringan, coba dulu 7 obat gatal kemaluan tradisional untuk wanita berikut ini. Ketahui juga cara pencegahan agar vagina tidak mengalami gatal-gatal.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Obat Gatal Kemaluan Tradisional untuk Wanita

Melansir Healthshots dan Verywell Health, berikut ini 7 obat gatal kemaluan tradisional untuk wanita yang bisa kamu coba:

1. Yoghurt dan Madu

Yoghurt adalah probiotik yang dapat membantu mengobati rasa gatal dan perih pada vagina. Sementara madu mengandung antiinflamasi, sehingga kombinasi keduanya dapat membantu menghilangkan iritasi dan memperbaiki ketidakseimbangan bakteri pada vagina.

Kamu bisa meminum yoghurt dan madu, atau mengoleskan yogurt dengan madu langsung ke bagian yang gatal. Yoghurt jangan sampai masuk ke area bagian dalam kemaluan wanita, karena bisa menimbulkan iritasi.

2. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel adalah cara yang baik untuk obat rumahan. Cuka sari apel memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang kuat sehingga bisa membantu meredakan gatal dan rasa terbakar pada vagina. Ini juga membantu menyeimbangkan pH vagina dan kulit.

Kamu bisa meminum sesendok cuka sari apel dengan segelas air hangat atau menambahkan setengah cangkir cuka sari apel ke dalam air untuk mandi. Cucilah area vagina secara teratur untuk membantu mengobati gatal.

3. Minyak Pohon Teh

Beberapa minyak esensial efektif untuk mengobati masalah vagina, salah satunya adalah minyak pohon teh. Kandungan antijamur, antibakteri, dan antivirusnya dapat mengobati gatal dan rasa terbakar pada vagina.

Ambil 2-3 tetes minyak pohon teh di tangan, lalu oleskan pada kulit bagian luar vagina untuk membunuh jamur di dalam vagina. Hati-hati saat menggunakan minyak pohon teh agar tidak masuk ke area dalam dan mengakibatkan iritasi.

4. Daun Kemangi

Kemangi atau daun basil selain untuk lalapan juga menjadi ramuan yang dapat membantu mengatasi gatal di kemaluan. Daun ini mengandung eugenol yang punya sifat antiinflamasi, antibakteri dan antijamur, untuk mengatasi rasa tidak nyaman di area vagina.

Ambil daun kemangi segar dan rebus dalam air, tuangkan cairan ke dalam mangkuk dan biarkan dingin. Gunakan air tersebut untuk membilas vagina. Lakukan 2-3 kali sehari.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga dapat membantu mengatasi rasa gatal di kemaluan. Obat tradisional ini terbukti bisa melembabkan kulit, sehingga dapat membantu mengatasi eksim.

Studi lain menemukan, minyak kelapa sama efektifnya dengan obat antijamur clotrimazole untuk mengobati infeksi jamur. Sebagai obat tradisional untuk mengatasi gatal pada kemaluan wanita, minyak kelapa bisa dioleskan pada area luar area intim.

6. Lidah Buaya

Obat gatal kemaluan tradisional untuk wanita lainnya adalah lidah buaya. Gel lidah buaya bisa dioleskan di bagian luar, sehingga rasa gatal bisa sedikit teratasi. Sebagai catatan, lidah buaya tidak bisa menyembuhkan infeksi yang sedang berlangsung.

7. Kompres Dingin

Kadang kita tidak perlu menggunakan bahan apapun, cukup gunakan es atau air dingin. Hal ini memang tidak mengobati infeksi jamur atau bakteri, tetapi dapat membantu menenangkan kulit dan meredakan rasa gatal untuk sementara.

Basahi waslap bersih dengan air dingin atau balut es batu dengan kain, lalu letakkan di atas vulva. Cara ini bisa digunakan sewaktu-waktu saat area kemaluan wanita terasa gatal.

Cara Mencegah Gatal Kemaluan

Agar tidak mengalami gatal pada kemaluan, para wanita maupun pria bisa mencegahnya dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Memakai Celana Dalam Katun

Memakai celana dalam berbahan katun dapat membantu kulit sekitar kemaluan bisa bernapas lebih baik dan bisa menyerap keringat. Hal ini dapat membantu mengurangi kondisi kulit yang gatal.

2. Makanan Probiotik

Rutin mengkonsumsi makanan probiotik dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam tubuh, termasuk di kemaluan. Bakteri baik dapat melawan bakteri jahat yang akan berkembang. Contohnya antara lain adalah yogurt, kombucha, dan kimchi.

3. Selalu Menjaga Kebersihan

Selalu jagalah kebersihan untuk mencegah gatal-gatal pada kemaluan. Cuci kemaluan secara rutin, hindari penggunaan sabun, gel, atau pembersih beraroma.

Demikian tadi 7 obat gatal kemaluan tradisional untuk wanita, lengkap dengan cara mencegah agar kemaluan tidak gatal. Jika rasa gatal tidak juga teratasi atau makin parah, jangan ragu segera ke dokter untuk konsultasi dan penanganan lebih lanjut.



Jangan Sembarang! Ini Aturan Konsumsi Obat Herbal Ekstrak untuk Stroke

Jangan Sembarang! Ini Aturan Konsumsi Obat Herbal Ekstrak untuk Stroke


(row/row)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat