gtrees.net

7 Manfaat Minum Jahe dan Kayu Manis, Bisa Perkuat Imun di Tengah Cuaca Tak Menentu

Ilustrasi air jahe dan kayu manis
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Daftar Isi
  • 1. Meredakan peradangan
  • 2. Menurunkan kadar gula darah
  • 3. Meningkatkan imun tubuh
  • 4. Menurunkan berat badan
  • 5. Meningkatkan kesehatan jantung
  • 6. Melancarkan pencernaan
  • 7. Mencegah kanker
Jakarta -

Minuman yang terbuat dari campuran jahe dan kayu manis seringkali dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin. Namun, manfaat minuman jahe dan kayu manis tidak hanya sebatas itu saja.

Jahe dan kayu manis mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Misalnya, antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi virus hingga kerusakan sel akibat radikal bebas.

Tak hanya itu, jahe dan kayu manis juga dapat membantu memperkuat imun tubuh dan mengatasi masalah pencernaan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet manfaat yang bisa diperoleh dari mengonsumsi minuman jahe dan kayu manis.

1. Meredakan peradangan

Jahe dan kayu manis sama-sama memiliki sifat antiinflamasi. Karenanya, kedua rempah ini dapat dikonsumsi untuk mengatasi kondisi peradangan, seperti yang disebabkan oleh nyeri sendi hingga arthritis.

2. Menurunkan kadar gula darah

Mengonsumsi minuman jahe dan kayu manis juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Jahe dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Hal ini membuat sel-sel tubuh dapat memanfaatkan glukosa darah dengan lebih baik lagi.

Di sisi lain, kayu manis dapat membantu mengatur kadar gula darah dengan cara menghambat aktivitas enzim yang memecah karbohidrat di sistem pencernaan.

3. Meningkatkan imun tubuh

Campuran jahe dan kayu manis juga berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini berkat kandungan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi virus dan bakteri.

4. Menurunkan berat badan

Racikan jahe dan kayu manis juga cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang diet untuk menurunkan berat badan. Jahe mengandung serat yang dapat meningkatkan rasa kenyang dan menekan nafsu makan.

Sementara, kayu manis mengandung minyak esensial yang dapat meluruhkan sel-sel lemak dan membakar lebih banyak energi. Kombinasi inilah yang dapat membantu menurunkan berat badan.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Asupan jahe dan kayu manis dapat membantu memelihara kesehatan jantung. Jahe dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan tekanan darah, dua faktor utama pemicu penyakit jantung.

Efek serupa juga dimiliki oleh kayu manis. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan konsumsi 1,5 gram kayu manis setiap hari dapat menurunkan kolesterol total, kolesterol jahat (LDL), dan trigliserida pada orang yang mengidap sindrom metabolik.

6. Melancarkan pencernaan

Kombinasi jahe dan kayu manis juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Jahe memiliki sifat antimikroba, sehingga efektif mengurangi risiko infeksi saluran pencernaan. Sedangkan, kayu manis dapat membantu mengatasi keluhan pencernaan, seperti kembung dan gas.

7. Mencegah kanker

Sejumlah penelitian mengungkapkan jahe dan kayu manis memiliki potensi untuk mencegah kanker. Khasiat ini berasal dari senyawa antioksidan dan antiinflamasi yang terkandung dalam dua rempah tersebut.

Studi juga menunjukkan konsumsi jahe dapat menurunkan risiko kanker kolorektal, pankreas, dan hati. Di sisi lain, suplementasi kayu manis diyakini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait manfaat ini.



Jangan Sembarang! Ini Aturan Konsumsi Obat Herbal Ekstrak untuk Stroke

Jangan Sembarang! Ini Aturan Konsumsi Obat Herbal Ekstrak untuk Stroke


(ath/naf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat