gtrees.net

Ini 6 Minuman Pereda Radang Tenggorokan yang Mudah untuk Dibuat

Ilustrasi wanita sakit tenggorokan
Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/bymuratdeniz

Daftar Isi
  • 1. Air hangat dengan lemon dan madu
  • 2. Teh jahe
  • 3. Teh Chamomile
  • 4. Teh peppermint
  • 5. Sup ayam
  • 6. Smoothie buah dan sayur
Jakarta -

Radang tenggorokan adalah kondisi yang dapat dialami oleh siapa saja. Biasanya, radang tenggorokan dapat disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri, alergi, batuk, pilek, GERD, hingga kebiasaan merokok.

Normalnya, radang tenggorokan merupakan masalah kesehatan yang umum dan tidak membahayakan. Meski begitu, radang tenggorokan dapat menimbulkan tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Pada beberapa kasus, radang tenggorokan bahkan bisa memicu komplikasi, seperti sinusitis dan abses pada tenggorokan atau leher.

Karena itu, penting untuk mengatasi radang tenggorokan agar gejalanya tidak berkembang dan mengganggu kenyamanan beraktivitas. Selain dengan obat-obatan, detikers juga bisa mengatasinya dengan mengonsumsi minuman pereda radang tenggorokan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Apa saja minuman tersebut? Dikutip dari Business Insider, berikut minuman yang diyakini dapat membantu meredakan radang tenggorokan.

1. Air hangat dengan lemon dan madu

Sejatinya, minuman hangat apapun dapat membantu meredakan radang tenggorokan. Namun, menambahkan lemon dan madu dapat membantu mengatasi radang tenggorokan yang disebabkan penyakit tertentu.

ADVERTISEMENT

Pasalnya, lemon mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini berguna untuk mengatasi peradangan yang disebabkan oleh infeksi, seperti pilek.

Menambahkan madu ke dalam air lemon juga dapat membantu mengobati sakit tenggorokan dan batuk. Sebuah studi yang dilakukan papda 2017 menemukan madu dapat mempercepat pemulihan radang tenggorokan berkat kandungan antibakteri dan antiinflamasi yang dimilikinya.

2. Teh jahe

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2013 menemukan bahwa ekstrak jahe yang dicampurkan ke dalam air panas dapat membantu melindungi tubuh dari virus yang menyerang sistem pernapasan. Kendati demikian, khasiat teh jahe sebagai minuman pereda radang tenggorokan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

"Minum teh jahe bisa bermanfaat jika Anda merasa tidak enak badan. Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa ini dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan mengurangi hidung tersumbat, namun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan," ujar pakar diet Amy Gorin, MS, RDN.

3. Teh Chamomile

Teh chamomile merupakan salah satu teh yang dikenal berkat khasiatnya yang menenangkan. Pakar diet dari Enlightened Nutrition LLC, Taylor Schomaker, RDN mengatakan teh chamomile dapat mengurangi peradangan pada tenggorokan.

Tak hanya itu, teh chamomile juga dapat meningkatkan relaksasi dan kualitas tidur, yang mana berkontribusi terhadap peningkatan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh pulih lebih cepat dari penyakit.

"Teh chamomile secara alami bebas kafein, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa kamomil sendiri dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan relaksasi di otak," ucapnya.

4. Teh peppermint

Teh peppermint adalah salah satu minuman pereda radang tenggorokan lain yang bisa dijajal. Teh peppermint diolah dengan menggunakan daun spearmint yang memiliki efek antinflamasi, sehingga mampu mengurangi pembengkakan dan meredakan radang tenggorokan.

Spesialis kedokteran keluarga dari Camillia Wellness di Maryland, Amber Robins, MD, mengatakan menghirup uap teh peppermint juga dapat membantu mengatasi gejala lain, seperti hidung tersumbat.

"Ini memberi Anda perasaan bahwa Anda bisa bernapas lebih baik," tutur Robins.

Tapi perlu diingat, jangan mengonsumsi teh peppermint jika mengalami radang tenggorokan yang disebabkan oleh GERD. Sebab, teh ini justru dapat memperburuk gejala refluks asam.

5. Sup ayam

Kuah dari sup ayam merupakan salah satu pereda radang tenggorokan alami yang sudah digunakan sejak lama. Gorin menuturkan sup hangat, terutama yang mengandung protein atau sayuran, dapat menjadi salah satu cara untuk meredakan radang tenggorokan sambil tetap memenuhi kebutuhan nutrisi saat sakit.

"Sup berbahan dasar kaldu adalah cara yang bagus untuk memberi sedikit nutrisi saat Anda tidak ingin makan karena sakit. Saya akan memilih sup yang memiliki bahan tambahan, seperti dada ayam, tahu, kacang-kacangan, atau sayuran," terang Gorin.

6. Smoothie buah dan sayur

Radang tenggorokan dapat menyebabkan seseorang kehilangan nafsu makan lantaran kesulitan saat menelan makanan. Hal ini dapat membuat tubuh kekurangan nutrisi yang justru dibutuhkan untuk melawan penyakit.

Salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi smoothie yang terbuat dari buah dan sayur-sayuran yang kaya akan antioksidan, yakni senyawa yang dapat membantu memperkuat imun tubuh sekaligus meredakan inflamasi atau peradangan.

Beberapa buah dan sayur yang kaya antioksidan untuk ditambahkan ke smoothie antara lain blueberry, stroberi, mangga, kubis, bayam, dan lain sebagainya.



Simak Video " Calon Pemilik Wajib Perhatikan Hal Ini Sebelum Putuskan Adopsi Hewan"
[Gambas:Video 20detik]
(ath/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat