gtrees.net

8 Obat Radang Tenggorokan Alami untuk Anak, Ada Madu hingga Jahe

10 Cara Mengobati Radang Amandel pada Anak di Rumah
Ilustrasi radang tenggorokan. Foto: Getty Images/iStockphoto/tylim

Daftar Isi
  • Penyebab Radang Tenggorokan
  • Obat Radang Tenggorokan Alami untuk Anak
  • 1. Air Garam 2. Madu 3. Jahe 4. Teh Peppermint 5. Teh Chamomile 6. Kunyit 7. Uap 8. Soda Kue
Jakarta -

Radang tenggorokan merupakan suatu kondisi ketika terjadi pembengkakan di bagian belakang tenggorokan atau disebut faring. Biasanya, radang tenggorokan muncul bersamaan dengan gejala lain seperti demam maupun sakit kepala.

Radang tenggorokan bisa menyerang siapa saja, baik orang dewasa hingga anak-anak. Meski begitu, radang tenggorokan bukanlah suatu penyakit berbahaya dan dapat disembuhkan dengan obat-obatan.

Namun, radang tenggorokan yang sudah parah membuat penderitanya bisa merasakan gejala seperti nyeri sendi hingga meriang. Lalu, radang tenggorokan yang muncul bersamaan dengan flu juga disertai dengan gejala batuk, bersin, hingga sakit kepala ringan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Apabila si kecil mengalami radang tenggorokan, cobalah beri sejumlah obat-obatan medis. Namun jika khawatir akan efek sampingnya, tak ada salahnya menggunakan obat herbal.

Lantas, apa saja obat radang tenggorokan alami untuk anak-anak? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Penyebab Radang Tenggorokan

Mengutip laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), ada sejumlah penyebab umum terjadinya radang tenggorokan, yakni sebagai berikut:

  1. Terpapar virus atau kuman
  2. Batuk dan pilek yang menyebabkan tenggorokan teriritasi
  3. Alergi
  4. Difteri (infeksi bakteri pada hidung dan tenggorokan)
  5. Kondisi tubuh sedang lemah/drop.

Obat Radang Tenggorokan Alami untuk Anak

Jika sang buah hati mengalami radang tenggorokan, jangan dulu panik dan khawatir. Sebab, ada sejumlah obat herbal yang efektif meredakan radang tenggorokan.

Dilansir Healthline, berikut obat radang tenggorokan alami untuk anak:

1. Air Garam

Obat herbal yang pertama adalah air garam. Sebab, garam memiliki efek antiradang yang dapat memusnahkan bakteri jahat di tenggorokan sekaligus memecah sekresi. Selain itu, berkumur dengan air garam juga dapat mengurangi pembengkakan.

Cara penggunaannya juga mudah, cukup tuangkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu aduk sampai merata. Setelah itu, berkumur dengan air garam selama 20 detik dan buang setelahnya.

Menurut American Osteopathic Association, penderita radang tenggorokan dianjurkan berkumur air garam setidaknya satu jam sekali. Cara ini agar radang bisa cepat sembuh.

2. Madu

Madu sudah dikenal sejak lama memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah dapat mengobati radang tenggorokan. Hal ini dibuktikan lewat studi pada 2021 yang menunjukkan bahwa madu efektif dalam meredakan infeksi saluran pernapasan.

Untuk mengatasi radang tenggorokan, disarankan mengkonsumsi madu asli secara langsung tanpa dicampur apapun. Selain itu, kamu juga bisa memberikan teh hangat yang telah dicampur madu untuk si kecil.

Meski begitu, pemberian madu untuk anak-anak harus mendapat perhatian lebih. Sebab, mengkonsumsi madu terlalu berlebihan dapat berisiko memicu penyakit botulisme, yang mana dalam kebanyakan kasus terjadi pada bayi di bawah usia satu tahun.

Sebagai informasi, botulisme merupakan gangguan kesehatan berupa keracunan yang disebabkan bakteri Clostridium botulinum. Spora tersebut dapat berkembang biak dan memproduksi racun di saluran pencernaan. Jadi, tidak disarankan untuk memberikan madu kepada bayi di bawah satu tahun.

3. Jahe

Selain madu, jahe juga bisa digunakan untuk meredakan radang tenggorokan. Soalnya, jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik yang dapat mengurangi rasa nyeri akibat radang tenggorokan.

Kamu bisa membuat rebusan air jahe untuk sang anak. Apabila mereka kurang suka, coba gunakan teh jahe agar si kecil bisa meminumnya.

4. Teh Peppermint

Kalau si kecil kurang suka jahe, kamu bisa mencoba teh peppermint. Manfaatnya juga tak kalah banyak dengan jahe, lho.

Berdasarkan tinjauan literatur di 2019, teh peppermint bersifat anti-inflamasi, antivirus, dan antibakteri yang dapat mengatasi peradangan. Selain itu, peppermint mengandung senyawa mentol yang bantu mengencerkan lendir serta memberikan efek menenangkan pada tenggorokan.

Cara buatnya juga mudah, siapkan daun peppermint kering lalu masukkan ke dalam segelas air hangat, setelah itu diamkan selama beberapa menit. Kemudian minum teh peppermint sampai habis selagi hangat.

5. Teh Chamomile

Obat alami selanjutnya adalah teh chamomile. Menurut sebuah penelitian di 2023, teh chamomile dapat membantu meredakan peradangan di mata, hidung, dan tenggorokan.

Teh yang satu ini juga dapat memberikan efek menenangkan. Karena bersifat antioksidan, anti-inflamasi, serta asteringen, teh chamomile sangat baik dikonsumsi bagi anak-anak yang mengalami radang tenggorokan.

6. Kunyit

Tak semua anak menyukai rempah yang satu ini. Namun, kunyit merupakan salah satu obat herbal yang efektif meredakan radang tenggorokan.

Hal ini berkat senyawa anti-inflamasi dan antiseptik pada kunyit yang mampu meringankan peradangan. Selain itu, kunyit juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh berkat kandungan zat kurkumin.

Jika si kecil kurang suka kunyit, kamu bisa mengakalinya dengan mencampurkan bubuk kunyit ke dalam susu atau air hangat.

7. Uap

Salah satu faktor penyebab radang tenggorokan karena udara kering. Oleh sebab itu, menambah kelembapan udara dapat bantu meredakan sakit radang.

Nah, salah satu cara efektif meredakan radang tenggorokan adalah dengan menghirup uap. Caranya, kamu bisa menambahkan air panas ke dalam mangkuk, lalu letakkan handuk di atas kepala si kecil dan hadapkan wajahnya ke arah mangkuk.

Di atas mangkuk, ia dapat menghirup uap yang menyebar ke wajah. Biarkan uap masuk lewat hidung dan mulut anak agar bereaksi terhadap radang. Lakukan cara tersebut selama 10-15 menit.

8. Soda Kue

Selain berkumur dengan garam, bisa juga menggunakan soda kue (baking soda) untuk meredakan radang tenggorokan. Soalnya, soda kue dapat mengurangi bakteri dan mencegah pertumbuhan jamur.

Cara penggunaannya, cukup tuangkan seperempat sendok teh soda kue dan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu aduk sampai merata. Kemudian berkumur selama 15-20 detik dan buang.

Agar radang cepat sembuh, lakukan berkumur dengan soda kue sebanyak 3-4 kali sehari. Setelah berkumur, bilas mulut dengan air mineral.

Itu dia delapan obat radang tenggorokan alami untuk anak. Semoga artikel ini dapat membantu detikers.



Kemenkes: Anak-anak Lebih Rentan Kena DBD Dibanding Orang Dewasa

Kemenkes: Anak-anak Lebih Rentan Kena DBD Dibanding Orang Dewasa


(ilf/fds)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat