gtrees.net

Sakit Tenggorokan Saat Menelan, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

ilustrasi sakit tenggorokan
Foto: Getty Images/iStockphoto/eternalcreative

Daftar Isi
  • Penyebab Sakit Tenggorokan Saat Menelan
  • Flu Infeksi Candida GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) Kanker HIV Radang Kerongkongan
  • Tips Mengatasi Sakit Tenggorokan saat Menelan
  • 1. Mengkonsumsi Obat Antasida 2. Mengkonsumsi Obat Anti-inflamasi 3. Berkumur dengan Air Garam 4. Menggunakan Semprotan Tenggorokan 5. Minum Minuman Hangat 6. Mandi Air Panas 7. Makan Makanan Lunak 7. Menghindari Alkohol dan Tembakau
Jakarta -

Jika kamu merasa ada yang mengganjal atau rasa sakit saat menelan makanan, kondisi itu disebut dengan odynophagia atau nyeri telan.

Tentu rasa sakit tersebut sangat mengganggu apalagi jika kita sedang makan makanan berat. Nah jika kamu sedang mengalami kondisi tersebut, berikut penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Sakit Tenggorokan Saat Menelan

Dilansir dari Medical News Today, nyeri telan bisa disebabkan Nyeri oleh berbagai faktor, seperti infeksi, peradangan, dan penyumbatan pada tenggorokan, mulut, atau kerongkongan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lebih lengkapnya Healthline merangkum penyebab nyeri telan mulai dari penyakit ringan hingga beberapa penyakit kronis. Berikut beberapa penyebab serta penjelasannya.

Flu

Nyeri telan biasanya terkait dengan penyakit ringan seperti flu. Dalam kondisi tersebut rasa sakit saat menelan akan sembuh dengan sendirinya seiring waktu.

ADVERTISEMENT

Infeksi Candida

Infeksi Candida merupakan jenis infeksi jamur (ragi) yang dapat terjadi di mulut. Infeksi ini bisa menyebar dan menyebabkan gejala esofagus seperti nyeri saat menelan.

GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)

GERD menyebabkan asam lambung bocor dan Kembali ke esofagus atau kerongkongan. Ini menyebabkan nyeri saat menelan, biasanya nyeri telan karena GERD juga dibarengi dengan gejala lain seperti sakit maag atau nyeri dada.

Kanker

Kadang-kadang nyeri saat menelan kronis adalah tanda awal kanker kerongkongan/esofagus. Ini disebabkan oleh tumor yang berkembang di esofagus.

Kanker esofagus dapat berkembang dari kebiasaan merokok jangka panjang, penyalahgunaan alkohol, atau sakit maag yang terus menerus.

HIV

Sebenarnya HIV bukan menjadi penyebab secara langsung nyeri telan. Tetapi terkadang obat yang digunakan untuk mengobati HIV bisa membuat asam lambung naik. Hal ini bisa menyebabkan masalah lain seperti sakit saat menelan.

Radang Kerongkongan

Radang kerongkongan adalah luka pada kerongkongan dan bisa menyebabkan nyeri telan. Ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti GERD yang tidak diobati, atau penggunaan obat anti-inflamasi seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB) dalam jangka panjang

Tips Mengatasi Sakit Tenggorokan saat Menelan

Berikut beberapa tips untuk mengatasi nyeri telan melansir dari Medical News Today.

Beberapa caranya mungkin tidak akan mengobati penyakit yang menyebabkan nyeri telan, tetapi setidaknya mungkin dapat membantu meredakan rasa sakit yang ada.

1. Mengkonsumsi Obat Antasida

Antasida bisa didapatkan dengan mudah di apotek terdekat. Obat ini efektif untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh refluks asam atau asam lambung naik.

2. Mengkonsumsi Obat Anti-inflamasi

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan di mulut, tenggorokan, dan kerongkongan, sehingga membuat menelan menjadi lebih mudah dan kurang menyakitkan.

3. Berkumur dengan Air Garam

Air garam dapat mengurangi peradangan dan membuat menelan menjadi kurang menyakitkan.

Caranya mudah, campurkan segelas air hangat dengan 1 sendok teh garam, lalu gunakan larutan tersebut untuk berkumur dalam beberapa kali sehari.

4. Menggunakan Semprotan Tenggorokan

Semprotan tenggorokan dapat mengurangi sensasi nyeri di tenggorokan dan membuat menelan menjadi lebih mudah dan kurang menyakitkan. Produk ini tersedia bebas di apotek atau e-commerce.

5. Minum Minuman Hangat

Minuman hangat, seperti teh herbal, dapat membantu mengurangi rasa sakit. Akan tetapi perlu diingat untuk tidak membuat cairan terlalu panas karena justru bisa membakar tenggorokan.

6. Mandi Air Panas

Uap dari air panas dapat membantu untuk mengurangi peradangan yang menjadi penyebab sakit tenggorokan saat menelan.

7. Makan Makanan Lunak

Untuk mengurangi rasa sakit saat menelan, mungkin kamu mesti mengkonsumsi makan yang lebih halus atau lunak terlebih dahulu. Ini akan mengurangi rasa sakit yang terjadi.

7. Menghindari Alkohol dan Tembakau

Zat dalam alkohol dan tembakau dapat mengiritasi jaringan lunak di mulut, tenggorokan, dan kerongkongan.

Itu dia beberapa tips dan penjelasan lengkap mengenai rasa sakit saat menelan atau odynophagia. Jika kamu sedang mengalaminya, semoga lekas sembuh ya detikers.



Simak Video "Anak Dilarikan ke RS karena Pneumonia, Zaskia Adya Mecca Lemas"
[Gambas:Video 20detik]
(inf/inf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat