gtrees.net

Kisah Wanita Syok saat Tahu Punya Testis Usai Tes Kesehatan Pra-Nikah

Ilustrasi Rumah Sakit
Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/gorodenkoff)

Jakarta -

Seorang wanita berusia 27 tahun di China terkejut saat mengetahui dirinya memiliki testis di perutnya yang membuatnya secara biologis adalah seorang laki-laki. Hal tersebut terungkap ketika ia melakukan pemeriksaan medis sebelum menikah.

Semenjak remaja sebenarnya Li Yuan, bukan nama sebenarnya, dari Provinsi Hubei di China bagian tengah sempat menyadari adanya masalah pada kesehatan reproduksinya. Ketika remaja ia sempat merasa khawatir dengan tidak adanya menstruasi dan keterlambatan perkembangan payudara semenjak masa pubertas.

Dikutip dari South China Morning Post, pada usia 18 tahun Yuan lantas mendatangi rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan. Dokter yang melakukan pemeriksaan menuturkan Yuan memiliki masalah dengan kadar hormon yang tidak normal dan potensi kegagalan ovarium.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Melihat kondisi Yuan, dokter yang memeriksa saat itu sempat menawarkan tes kromosom lanjutan. Namun, pihak keluarga tidak menanggapi saran tersebut dengan serius dan tidak melakukan pemeriksaan tersebut.

Sampai akhirnya belum lama ini Yuan berencana menikah dan melakukan pemeriksaan medis secara menyeluruh di rumah sakit. Dokter kandungan yang memeriksanya, Duan Jie menuturkan Yuan mengalami kelainan langka hiperplasia adrenal kongenital (CAH).

ADVERTISEMENT

Kelainan langka tersebut hanya dialami oleh sekitar 1 dari 50 ribu bayi baru lahir yang mengalami CAH bentuk ini.

Setelah menunggu hasil tes selama satu bulan, Yuan pun menerima hasil pemeriksaan medis tersebut. Terungkap bahwa Yuan memiliki kromosom laki-laki, namun memiliki penampilan perempuan.

"Secara sosial Yuan adalah perempuan. Tapi secara kromosom dia adalah laki-laki," kata Duan.

Yuan begitu terkejut dengan hasil tes yang diberikan oleh dokter. Setelah menjalani hidup 27 sebagai perempuan, ia harus berjuang untuk menerima kebenaran itu.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, terungkap bahwa kedua orang tua Yuan membawa gen resesif yang menyebabkan kelainan tersebut. Situasi yang dialami Yuan membuatnya memiliki peluang satu dari empat untuk menurunkan kondisi abnormal tersebut kepadanya.

Tidak hanya itu, Yuan juga didiagnosis mengidap osteoporosis dan kekurangan vitamin D. Kondisi tersebut terjadi karena kurangnya pengobatan dini.

Pasca hasil pemeriksaan tersebut keluar, dokter lantas menyarankan Yuan untuk melakukan operasi pengangkatan testis yang tersembunyi di perut sang pasien, terlebih kondisi tersebut dapat berisiko tinggi memunculkan kanker.

Pada April 2023, Yuan akhirnya menjalani operasi pengangkatan. Pada saat ini, ia juga menjalani tes lanjutan rutin dan terapi hormon jangka panjang. Duan mengatakan diagnosis dini dan pengobatan bagi orang-orang dengan gejala yang mirip dengan Yuan sangatlah penting.



Simak Video "Aksi Heroik Perawat Lindungi Bayi saat Taiwan Diguncang Gempa "
[Gambas:Video 20detik]
(avk/naf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat