gtrees.net

Kronologi Wanita Idap Kanker Usus Stadium Akhir di Usia 34, Awalnya Dikira GERD

Ilustrasi pasien di rumah sakit
Foto ilustrasi: iStock

Jakarta -

Seorang wanita di Inggris, Sophie Louise Wright, didiagnosis terkena kanker usus di usia yang masih tergolong muda. Hal ini membuat dunianya hancur karena tidak pernah mengira akan terjadi di hidupnya.

Wanita 34 tahun itu mengeluhkan gejala asam lambung naik. Saat itu, ia mengira kondisinya disebabkan oleh maag atau GERD.

Namun, kenyataannya dokter menemukan bahwa Wright mengidap kanker usus stadium akhir. Itu membuatnya terus memikirkan putrinya yang berusia tiga tahun.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ketakutan terbesarku adalah tidak berada di dekatku untuk melihatnya tumbuh dewasa. Saya tidak ingin siapa pun menggantikan saya. Saya hanya ingin menjadi ibunya selamanya," kata Wright yang dikutip dari Daily Mail.

"Saya akan bahagia hidup dengan kanker yang menghancurkan hidup saya selamanya jika itu berarti saya bisa bersamanya," sambungnya.

ADVERTISEMENT

Awal Mula Gejala

Wright yang bekerja sebagai sekretaris medis itu sebelumnya telah menjalani operasi untuk menghilangkan polip di usus besarnya. Penyakit ini dia sadari ketika dia mulai BAB berdarah. Operasi polip itu dia lakukan pada Mei 2023.

Setelah prosedur tersebut, Wright mulai mengalami rasa sakit di bawah tulang rusuknya dan muntah-muntah. Ia berasumsi bahwa itu adalah hal yang bisa terjadi atau efek dari pengangkatan polip.

Saat itu, dia diberitahu bahwa pemulihannya pasca operasi membutuhkan waktu sekitar 12 minggu. Selain mual, Wright juga mengeluhkan sensasi kembung di perutnya.

"Saya pikir polip sudah menyebar ke seluruh tubuh saya, tetapi saya tidak mengira itu adalah kanker. Secara bertahap kondisi saya semakin memburuk, merasa lelah, berat badan saya turun, dan hidup menjadi sulit," imbuhnya.

"Saya harus membatalkan semua rencana dengan teman dan keluarga karena saya tidak bisa makan dan harus tinggal di rumah. Hidupku benar-benar hancur dan aku bertanya-tanya apakah ada yang salah secara mental dengan diriku, karena semua hasil yang kudapat sudah jelas,"

Wright mengklaim diberikan tablet obat untuk mengatasi kondisinya. Ia juga diberitahu bahwa kemungkinan gejala yang dikeluhkannya disebabkan refluks asam atau sakit maag.

Dia menjalani serangkaian tes, mulai dari tes darah, CT scan, MRI, serta biopsi hati. Sampai di bulan Oktober, Wright didiagnosis kanker usus yang telah menyebar ke hati dan tulang belakangnya.

Jika tanpa pengobatan, dokter memperkirakan dia hanya punya waktu enam bulan lagi. Wright saat ini menerima kemoterapi, imunoterapi dan radioterapi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat