gtrees.net

Cerita Pria Bogor Cuci Darah di Usia 22, Gagal Ginjal Akibat Kebiasaan Ini

Viral curahan hati istri menemani suami menjalani cuci darah selama 9 tahun.
Kisah seorang istri di Bogor memani suami menjalani cuci darah selama 9 tahun. (Foto: SS Viral TikTok @ririyassir01)

Jakarta -

Viral kisah wanita di Bogor yang setia menemani suaminya sembilan tahun menjalani dialisis atau cuci darah. Riri Robiani (30) menceritakan bahwa suaminya, Yassir AlHabsyi didiagnosis mengidap gagal ginjal kronis pada tahun 2015 saat usianya 22 tahun.

Ia menuturkan saat diperiksa oleh tim dokter, kondisi gagal ginjal Yassir sudah memasuki stadium akhir. Hal tersebut membuat Yassir harus menjalani prosedur cuci darah seumur hidupnya.

"Karena darahnya kotor jadi banyak cairan dan racun-racun dan limbah gitu di dalam darahnya yang menumpuk. Karena tugas cuci darah itu sebenarnya tugasnya ginjal, tapi memang rusak," ujar Riri pada , Sabtu (24/2/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dari pemeriksaan yang dilakukan oleh tim dokter, Yassir memiliki penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hipertensi diketahui merupakan salah satu faktor utama pemicu penyakit gagal ginjal.

Ia menuturkan karena suaminya tidak memiliki keluarga dengan riwayat hipertensi, diduga kuat penyakit tersebut muncul akibat pola hidup Yassir sebelumnya yang kurang sehat.

ADVERTISEMENT

Riri berkata bahwa Yassir sebelumnya memang sering begadang, mengonsumsi junk food, sering makan tinggi garam, hingga memiliki kebiasaan merokok.

Setelah diagnosis pada tahun 2015, Riri mengatakan bahwa suaminya sudah menjalani ratusan kali prosedur cuci darah. Namun, ia bersyukur prosedur yang dijalani oleh suaminya tersebut dicover oleh BPJS Kesehatan sehingga ia tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Riri mengaku hanya perlu menyiapkan uang untuk sebagian obat-obatan yang belum ditanggung.

Berkaitan dengan kondisi terkini Yassir, Riri menyebut bahwa tubuh suaminya sudah jauh lebih fit. Suaminya bahkan masih bisa beraktivitas seperti biasa dan bekerja untuk mencari nafkah.

"Kondisinya sehat bisa beraktivitas seperti biasa, tapi memang harus rutin cuci darah secara medis seumur hidup. Masih bisa bekerja, paling nggak boleh angkat berat-berat aja," pungkasnya.



Simak Video "Pasien Cuci Darah di RI Angkanya Terus Meningkat"
[Gambas:Video 20detik]
(avk/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat