gtrees.net

Keputihan Seperti Ampas Tahu, Waspada Penyakit di Area Intim Wanita

Closeup sick woman with hands holding pressing her crotch isolated on background
Ilustrasi penyakit di daerah intim yang ditandai keputihan seperti ampas tahu. Foto: Getty Images/iStockphoto/champja

Daftar Isi
  • Penyebab Keputihan Seperti Ampas Tahu
  • 1. Vaginosis Bakterialis 2. Klamidia 3. Trikomoniasis 4. Herpes Genital 5. Kandidiasis Vagina 6. Gonore
  • Cara Mengatasi dan Mencegah Keputihan Seperti Ampas Tahu
  • 1. Cara Mengatasi Keputihan Seperti Ampas Tahu 2. Cara Mencegah Keputihan Seperti Ampas Tahu
Jakarta -
  • Keputihan seperti ampas tahu adalah ciri-ciri adanya penyakit pada organ intim wanita. Penyakit ini bisa diakibatkan infeksi bakteri, virus, atau parasit.

Cairan berwarna putih susu yang menggumpal akan menimbulkan rasa gatal dan nyeri ketika buang air kecil. Detikers patut waspada dan segera ke dokter bila mengalaminya.

Penyebab Keputihan Seperti Ampas Tahu

Dikutip dari buku Fire in The Valley: The TCM Diagnosis & Treatment of Vaginal Diseases karya Bob Flaws, Medical News Today, dan Healthline, berikut beberapa penyakit yang ditandai keputihan seperti ampas tahu

1. Vaginosis Bakterialis

Kondisi ini adalah peradangan pada vagina akibat jumlah bakteri alami yang tidak seimbang. Penyakit ini ditularkan melalui hubungan intom tanpa pelindung, serta bisa memicu penyakit seksual lainnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Gejala lain penyakit ini adalah sensasi nyeri dan gatal di daerah vagina, serta terbakar saat hendak buang air kecil. Jika menemui keputihan yang seperti ampas tahu dan gejala lain, jangan segan segera ke dokter untuk penanganan secepatnya.

2. Klamidia

Penyebab lain yang mengakibatkan keputihan seperti ampas tahu adalah klamidia, yang disebabkan infeksi bakteri Chlamydia trachomatis. Klamidia ditularkan melalui hubungan seks tanpa pengaman dengan partner yangs sudah terinfeksi.

ADVERTISEMENT

Klamidia mudah ditangani bila diketahui sejak dini. Karena itu wanita yang sudah mengalami gejala klamidia, sebaiknya segera konsultasi ke tenaga kesehatan. Gejala lain penyakit ini adalah keputihan yang berbau, nyeri saat berhubungan intim, dan rasa terbakar ketika buang air kecil.

3. Trikomoniasis

Penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS) ini disebabkan parasit Trichomonas vaginalis, yang bertahan dalam kondisi lembab selama beberapa jam. Parasit ditularkan melalui air mani atau cairan vagina dari yang sudah terinfeksi.

Gejala trikomoniasis mirip dengan IMS lain dan biasanya muncul dalam 5-28 hari. Karena itu, wanita yang sudah merasakan gejala penyakit sebaiknya segera ke dokter. Trikomoniasis meningkatkan risiko terinfeksi HIV.

4. Herpes Genital

Penyakit herpes genital disebabkan infeksi herpes simplex virus (HSV) tipe 2 yang ditandai nyeri, gatal, dan luka pada daerah intim pasiennya. Selain itu muncul jerawat, nanah, serta rasa terbakar di daerah genital.

Herpes genital menular lewat hubungan seksual vaginal, anal, dan oral. Seseorang yang sudah terinfeksi bisa menularkan penyakit, meski tidak menunjukkan gejala. Jika sudah menunjukkan gejala, segera ke dokter untuk penanganan secepatnya.

5. Kandidiasis Vagina

Penyebab penyakit ini adalah jamur candida yang berkembang di vagina. Gejala infeksi meliputi keputihan yang tidak normal, gatal, perih, rasa tidak nyaman saat berhubungan seksual dan buang air kecil. Wanita yang sudah mengalami gejala kandidiasis vagina sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter.

6. Gonore

Penyakit ini tidak hanya ditandai dengan keputihan yang seperti ampas tahu, tapi juga berwarna kuning atau hijau dan berbau tidak sedap. Gejala lainnya adalah rasa nyeri saat berhubungan intim.

Gonore disebabkan bakteri yang keluar dari vagina dan penis, melalui hubungan seks. Sama seperti penyakit lain, wanita wajib segera ke dokter bila mengalami gejala gonore.

Cara Mengatasi dan Mencegah Keputihan Seperti Ampas Tahu

Keputihan abnormal bisa diatasi asal pasiennya segera konsultasi, sehingga bisa diperiksa secepatnya. Terkait pencegahan, upaya utama adalah menghindari gonta-ganti pasangan dan menggunakan pelindung.

1. Cara Mengatasi Keputihan Seperti Ampas Tahu

Keputihan seperti ampas tahu ditangani sesuai penyebab infeksi. Infeksi bakteri biasa ditangani dengan pemberian antibiotik, serta penerapan pola hidup sehat. Pasien sebaiknya jangan dulu melakukan hubungan seks, hingga dinyatakan sembuh.

2. Cara Mencegah Keputihan Seperti Ampas Tahu

  • Selalu mengganti pakaian basah atau pakaian renang sesegera mungkin.
  • Menghindari douching (membersihkan vagina dengan cairan pembersih miss V).
  • Menggunakan tampon atau pembalut beraroma.
  • Menjaga kadar gula darah.
  • Mengganti celana dalam secara rutin.
  • Menggunakan pakaian dalam yang longgar.

Demikian penyebab, cara mencegah, upaya mengatasi keputihan seperti ampas tahu pada wanita. Detikers tak perlu malu untuk berkonsultasi pada dokter terkait kesehatan seksual.



Simak Video "Mengenal Teknologi Chip 'Vagina': Fungsi hingga Cara Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat