gtrees.net

Muncul Bercak Kehitaman di Area Miss V? Mungkin Ini yang Jadi Penyebabnya

ilustrasi vagina
Ilustrasi vagina. (Foto: Getty Images/iStockphoto/happy_lark)

Jakarta -

Muncul bercak gelap pada vagina atau sering disebut 'darkspot' sebenarnya adalah hal yang normal. Namun dalam beberapa kasus, perlu diperhatikan bercak pada vagina dapat menandakan masalah pada kesehatan.

Dikutip dari Healthline, berikut adalah faktor-faktor yang bisa menjadi penyebab munculnya bercak gelap pada vagina serta cara pengobatannya antara lain:

1. Penuaan

Saat bertambah usia, vagina dapat mengalami perubahan pada vulva dan terkadang muncul sebagai bercak gelap. Kondisi seperti ini tidak peru dikhawatirkan kecuali bercak gelap tersebut disertai oleh gejala lain seperti menstruasi yang tidak teratur maupun rasa sakit yang timbul saat berhubungan intim.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

2. Perubahan hormon

Hormon seks seperti estrogen dan progesteron memiliki peranan penting saat masa pubertas dan menstruasi. Beberapa sumber terpercaya menyatakan bahwa perubahan kadar estrogen dapat mempengaruhi produksi melanin sehingga area sensitif berupa labia atau puting susu menjadi gelap.

Pada kehamilan, kondisi hormon mengalami perubahan, seperti peningkatan estrogen yang memicu bercak gelap pada vulva. Kondisi ini umumnya hanya bersifat sementara.

Pengobatan untuk kondisi perubahan hormon bisa dimulai dengan konsultasi dengan dokter atau ginekolog terkait perawatan yang sesuai.

3. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Sindrom ovarium polikistil (PCOS) merupakan kondisi yang ditandai oleh siklus menstruasi yang tidak teratur dan peningkatan kista ovarium. Perubahan pigmentasi kulit yang disebabkan oleh PCOS sangat berbeda dengan perubahan pigmentasi yang terjadi karena penuaan atau kehamilan.

Pada PCOS, bintik-bintik hitam pada vulva memiliki perbedaan dalam hal tekstur, warna, dan bau juga diikuti oleh gejala lain berupa darah yang keluar lebih banyak saat menstruasi, tumbuh bulu di bagian yang tidak diinginkan, dan kenaikan berat badan.

Pengobatan untuk PCOS umumnya dimulai dengan melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup untuk membantu mengatur kadar insulin. Beberapa cara lain seperti mengonsumsi obat kesuburan sebagai pengobatan alternatif yang dapat membantu mengurangi gejala PCOS, namun pemeriksaan dokter terlebih dulu diperlukan.



Simak Video "Mengenal Teknologi Chip 'Vagina': Fungsi hingga Cara Kerja"
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat