gtrees.net

Sering Pusing Seperti Kepala Berputar Disertai Mual, Mungkinkah Vertigo Dok?

Ilustrasi sakit kepala atau pusing atau stres
Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/David Gyung)

Daftar Isi
  • Tentang Konsultasi Kesehatan
Jakarta -

Pertanyaan:

Saya belakangan ini sering merasa pusing seperti berputar dan mual, Dok. Setelah minum obat, saya masih suka merasa pusing dan penglihatan agak bergetar.

Tapi, setelah itu mereda. Apakah kondisi ini termasuk vertigo dan apakah kondisi ini berbahaya Dok?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dini (wanita, 30 tahun)

Jawaban:

ADVERTISEMENT

Vertigo merupakan gejala yang digambarkan sebagai sensasi seseorang atau lingkungan di sekitar pengidapnya berputar atau bergerak, yang dapat terjadi secara mendadak. Perlu dipahami bahwa vertigo bukan merupakan sebuah diagnosis penyakit, melainkan gejala dari suatu permasalahan yang mendasarinya.

Kondisi vertigo secara umum dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. Vertigo perifer

Jenis vertigo ini disebabkan oleh adanya masalah di telinga bagian dalam, contoh vertigo posisi paroksismal jinak (BPPV) yang sering dijumpai. Gejalanya berupa pusing berputar yang hebat, singkat, hilang-timbul, seringkali disertai dengan rasa mual, muntah, berkeringat dingin.

Terkadang juga diikuti dengan gejala telinga yang berdenging atau menurunnya fungsi pendengaran, serta dipicu oleh perubahan posisi kepala yang mendadak.

2. Vertigo sentral

Kondisi ini disebabkan oleh adanya gangguan pada fungsi otak, contohnya pada kasus stroke, infeksi, dan tumor otak. Gejala yang dirasakan pengidapnya adalah pusing yang lebih ringan, terjadi secara terus-menerus, tidak diperberat dengan perubahan posisi kepala.

Selain itu, sering disertai gejala lain seperti pandangan buram atau ganda, bicara pelo, kesemutan di wajah, kelemahan salah satu sisi tubuh, atau perubahan gaya berjalan.

Keluhan pusing berulang yang dialami sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter spesialis neurologi untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Dokter akan melakukan anamnesis atau wawancara medis secara lebih rinci dan melakukan pemeriksaan fisik jika diperlukan.

Selain itu, akan dilakukan pencitraan otak dengan CT Scan kepala atau MRI kepala untuk mengetahui penyebab pasti yang mendasari munculnya keluhan vertigo.

Setelah melakukan diagnosis, dokter akan melakukan tatalaksana yang cepat dan tepat agar keluhan ini tidak kembali berulang.

dr Andre SpN

Dokter Spesialis Neurologi

RS Pondok Indah - Pondok Indah

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca yang memiliki pertanyaan seputar kesehatan, dapat mengirimkan pertanyaan disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin melalui form Konsultasi , KLIK DI SINI.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Kerahasiaan identitas dijamin.

Mau tahu kondisi mental health kamu? Coba ikutan tes psikologi DI SINI.



Simak Video "Pendiri Apple Steve Wozniak Dilarikan ke Rumah Sakit Akibat Vertigo"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat