gtrees.net

Sering Merasa Stres dan Mudah Marah, Harus Bagaimana Ya Dok?

Ilustrasi seseorang yang menderita gejala stres.
Foto ilustrasi: Shutterstock

Daftar Isi
  • Tentang Konsultasi Kesehatan
Jakarta -

Pertanyaan:

Dok, saya wanita yang saat ini berusia 19 tahun. Saya sering merasa stres dalam pikiran dan batin.

Saya merasa apa yang dilakukan selalu salah di mata orang dan itu membuat saya jadi mudah marah. Sebenarnya, apa yang terjadi pada saya dan bagaimana mengatasinya?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

NS (wanita, 19 tahun)

Jawaban:

ADVERTISEMENT

Manusia memiliki kemampuan untuk menilai benar dan salah. Penilaian mengenai benar dan salah ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti nilai-nilai dalam kehidupan, hukum, agama, moralitas dan etika.

Saat seseorang merasa dirinya selalu melakukan hal yang salah, tentu perlu dilakukan penelusuran lebih lanjut mengenai konteks dan situasi terjadinya hal tersebut, apa latar belakang terjadinya, dan seberapa besar dampak perasaan salah ini dalam kehidupan.

Perlu juga ditelusuri seberapa penting penilaian orang lain dan apakah hal ini menjadi faktor utama yang dipertimbangkan dalam melakukan sesuatu. Merasa selalu salah tentu tidaklah nyaman, apalagi bila hal ini sudah dirasakan dalam jangka waktu yang lama.

Perasaan tidak nyaman yang muncul salah satunya adalah mudah marah atau iritabel. Perasaan mudah marah yang sering muncul bisa menimbulkan gangguan tidak hanya bagi diri sendiri tetapi juga bagi orang lain, sehingga di kemudian hari relasi dengan orang lain juga bisa terdampak.

Bila kondisi ini dirasakan sudah mengganggu dan mempengaruhi dalam melakukan fungsi kehidupan, sebaiknya Anda berkonsultasi ke profesional di bidang kesehatan jiwa. Hal ini penting untuk dilakukan supaya dapat dilakukan evaluasi secara menyeluruh dan nantinya mendapatkan tata laksana yang sesuai.

Sambil menunggu waktu konsultasi, silakan menerapkan pola hidup sehat, melakukan aktivitas yang membuat rileks secara teratur dan bicara dengan teman atau kerabat yang bisa Anda percaya.

dr Alvina, SpKJ

Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa

Primaya Hospital Bekasi Barat

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca yang memiliki pertanyaan seputar kesehatan, dapat mengirimkan pertanyaan disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin melalui form Konsultasi , KLIK DI SINI.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Kerahasiaan identitas dijamin.

Mau tahu kondisi mental health kamu? Coba ikutan tes psikologi DI SINI.



Simak Video "Waspadai Risiko Petinju Amatir yang Bertanding Tanpa Pelindung Kepala"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat