gtrees.net

Sering Cepat Lelah dan Ngantuk saat Beraktivitas, Gimana Mengatasinya Dok?

ilustrasi lemas
Foto: ilustrasi/thinkstock

Daftar Isi
  • 1. Anemia
  • 2. Penyakit jantung
  • 3. Sleep apnea
  • 4. Penyakit tiroid
  • 5. Diabetes
  • Tentang Konsultasi Kesehatan
Jakarta -

Pertanyaan:

Halo Dok, saya sering merasa cepat lelah, mengantuk berat, sampai pusing di saat beraktivitas. Sehingga tidak dapat fokus dalam bekerja. Kira-kira saya kenapa ya Dok?

Apa ada yang bisa saya konsumsi atau dilakukan agar tidak mudah mengantuk Dok?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Asep Wahyudin (pria, 37 tahun)

Jawaban:

ADVERTISEMENT

Padatnya aktivitas sehari-hari sering kali membuat badan cepat lelah dan mudah mengantuk. Kondisi ini tergolong normal dan umumnya akan hilang setelah Anda beristirahat dan tidur dengan cukup.

Namun, Anda perlu waspada ketika rasa lelah tersebut tidak kunjung hilang bahkan setelah Anda beristirahat. Ada juga rasa lelah yang muncul sebagai gejala dari kondisi medis tertentu. Kondisi ini tentunya tidak hilang hanya dengan tidur atau istirahat.

Rasa lelah yang menjadi gejala suatu penyakit umumnya ditandai dengan tidak adanya energi untuk beraktivitas atau bahkan bergerak sepanjang hari. Kelelahan ini tentunya dapat menghambat rutinitas sehari-hari dan harus segera mendapat penanganan medis.

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat menyebabkan tubuh cepat lelah:

1. Anemia

Anemia merupakan kondisi medis yang terjadi ketika jumlah sel darah merah dalam tubuh lebih rendah dari jumlah normal. Kondisi ini adalah salah satu penyakit yang dapat menyebabkan badan cepat lelah dan mudah mengantuk.

Anemia dapat terjadi karena tubuh kekurangan sel darah merah sehingga tidak mampu menyalurkan oksigen dan nutrisi ke seluruh sel-sel tubuh. Kondisi anemia sendiri umumnya disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi, vitamin B12, dan asam folat. Selain mudah lelah, penderita anemia biasanya juga akan merasa pusing, demam, dan kedinginan.

Adapun cara mengatasi badan cepat lelah dan mudah mengantuk akibat anemia dapat dilakukan dengan beristirahat cukup, mengonsumsi makanan penambah darah, atau menggunakan obat-obatan sesuai anjuran dokter.

2. Penyakit jantung

Beberapa penyakit jantung seperti gagal jantung atau jantung koroner memiliki gejala yang sama yaitu mudah lelah. Gagal jantung merupakan kondisi ketika jantung tidak dapat memompa darah dengan baik ke seluruh tubuh.

Kondisi ini lama-kelamaan dapat menyebabkan jantung membengkak dan aliran darah menjadi tidak lancar. Penyakit ini sering kali menyebabkan penderitanya mudah lelah, terutama setelah beraktivitas.

3. Sleep apnea

Sleep apnea merupakan gangguan tidur yang ditandai dengan mendengkur saat tidur dan merasa lelah saat bangun tidur. Penderita sleep apnea memiliki kadar oksigen yang rendah dalam darah karena saluran pernapasannya terhambat ketika tidur.

Selain merasa mudah lelah, penderita sleep apnea juga akan sulit konsentrasi dan sering mengantuk di siang hari.

4. Penyakit tiroid

Penyebab badan cepat lelah dan mudah mengantuk juga bisa dipicu oleh gangguan atau penyakit tiroid, seperti hipotiroidisme (kekurangan hormon tiroid), hipertiroidisme (kelebihan hormon tiroid), atau kanker tiroid. Ini dapat membuat tubuh merasa cepat lelah.

Penyakit tiroid juga bisa membuat penderitanya mengalami gejala lain, seperti sering cemas, dada berdebar, berat badan cepat berkurang atau bertambah, dan sering keringat dingin.

5. Diabetes

Badan cepat lelah dan mudah mengantuk adalah gejala paling umum yang biasa dialami oleh penderita penyakit diabetes. Diabetes terjadi ketika tubuh tidak mampu mengendalikan kadar gula dalam darah sehingga berada di atas ambang batas normal.

Selain itu, rasa lapar dan haus yang terus-menerus, penurunan berat badan, sering buang air kecil, kesemutan atau mati rasa di bagian tubuh tertentu, serta luka yang sulit sembuh juga bisa menjadi gejala diabetes.

Penyebab Badan Mudah Lelah dan Cepat Mengantuk Lainnya

Selain beberapa kondisi medis di atas, badan mudah lelah dan cepat mengantuk dapat disebabkan oleh sejumlah faktor lain yang lebih umum, seperti:

  • Kualitas tidur yang buruk.
  • Obesitas atau kelebihan berat badan.
  • Diet yang kurang tepat.
  • Tubuh tidak mendapatkan cukup nutrisi.
  • Mengonsumsi terlalu banyak kafein.
  • Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.
  • Mengonsumsi minuman beralkohol dan obat terlarang.
  • Tuntutan pekerjaan yang dapat menyebabkan jam tidur tidak beraturan.

Cara Mengatasi Badan Mudah Lelah dan Cepat Mengantuk

Pada dasarnya, cara mengatasi badan mudah lelah dan cepat mengantuk tergantung dari penyebabnya. Apabila disebabkan oleh penyakit tertentu, maka diperlukan pengobatan medis untuk menangani penyakit tersebut.

Namun secara umum, badan lelah dan cepat mengantuk dapat diatasi dengan beberapa upaya berikut ini:

  • Mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang.
  • Mencukupi kebutuhan cairan tubuh kurang lebih 2 liter per hari.
  • Membatasi konsumsi kafein dan minuman beralkohol.
  • Rutin berolahraga.
  • Mengelola stres.
  • Memperbaiki kualitas tidur.

Apabila keluhan terjadi berkepanjangan dan tidak kunjung membaik, segera kunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan dan mendapatkan penanganan yang tepat dari dokter.

dr Jayanti Chairina Sari

Dokter Umum

Primaya Hospital Bekasi Utara

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca yang memiliki pertanyaan seputar kesehatan, dapat mengirimkan pertanyaan disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin melalui form Konsultasi , KLIK DI SINI.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Kerahasiaan identitas dijamin.

Mau tahu kondisi mental health kamu? Coba ikutan tes psikologi DI SINI.



Simak Video "Mengulas Seputar Transplantasi Hati"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat