gtrees.net

Mudah Emosi dan Takut dengan Hal yang Belum Terjadi, Normal Nggak Sih Dok?

Sad young woman sitting on room floor crying with hand over face
(Foto ilustrasi: Getty Images/kieferpix)

Daftar Isi
  • Tentang Konsultasi Kesehatan
Jakarta -

Pertanyaan:

Dokter, saya usia 20 tahun tapi belakangan mudah emosi dan tidak bisa bersikap tenang menghadapi sesuatu. Saya juga sering merasa takut pada hal yang belum tentu terjadi.

Lebih mudah menangis hanya karena emosi dan terkadang perasaan yang tidak jelas. Sebenarnya saya kenapa dan harus apa Dok?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

CL (wanita, 20 tahun)

Jawaban:

ADVERTISEMENT

Emosi dasar manusia terdiri dari senang, sedih, takut, marah, jijik, dan terkejut. Saat mood seseorang normal, orang tersebut bisa merasakan keenam perasaan ini dengan intensitas yang sesuai, tidak berlebihan, tidak menetap, dan tentunya tidak mengganggu dalam melakukan fungsi kehidupannya sehari-hari.

Setiap emosi memiliki fungsinya masing-masing. Seperti contohnya takut, memiliki fungsi untuk memberikan sinyal adanya bahaya,ancaman dan menuntun agar muncul respons yang adaptif terhadap situasi.

Perasaan takut yang normal dicetuskan oleh suatu pencetus dan akan mereda setelah situasi dirasakan aman.

Bila perasaan takut sering muncul, bersifat menetap, dan dirasakan mengganggu maka perlu ditelusuri apa yang menyebabkan perasaan ini muncul. Cobalah untuk melakukan kegiatan yang membuat rileks, seperti mendengarkan musik, menikmati waktu sendiri dengan bersantai, hingga melakukan perawatan diri sambil tetap menerapkan pola hidup sehat.

Jagalah pola makan, berolahraga dan berjemur secara teratur, serta menerapkan higienitas tidur. Bila Anda sudah melakukan hal-hal tersebut dan perasaan tetap dirasakan tidak nyaman atau bahkan memburuk, silahkan segera berkonsultasi dengan profesional di bidang kesehatan jiwa.

dr Alvina, SpKJ

Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa

Primaya Hospital Bekasi Barat

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca yang memiliki pertanyaan seputar kesehatan, dapat mengirimkan pertanyaan disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin melalui form Konsultasi , KLIK DI SINI.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Kerahasiaan identitas dijamin.

Mau tahu kondisi mental health kamu? Coba ikutan tes psikologi DI SINI.



Simak Video "Merasa Sedih saat Hujan Turun, Simak Tips Preventif dari Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat