gtrees.net

Sering Begadang karena Susah Tidur, Apakah Bisa Menghambat Pertumbuhan Dok?

Insomnia
Ilustrasi susah tidur. (Foto: Shutterstock)

Daftar Isi
  • Tentang Konsultasi Kesehatan
Jakarta -

Pertanyaan:

Saya hampir setiap malam susah bisa tidur Dok, terkadang sampai jam 2 pagi. Apakah itu bisa menghambat pertumbuhan?

Tapi malam-malam lain saya nggak pernah begadang. Apakah begadang atau sulit tidur bisa menghambat pertumbuhan saya dan bagaimana agar bisa cepat tidur malam Dok?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Robby (pria, 17 tahun)

Jawaban:

ADVERTISEMENT

Kondisi kurang tidur tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Kurang tidur dapat menurunkan daya tahan tubuh, menurunkan daya ingat dan konsentrasi, serta mengganggu proses pertumbuhan.

Ketika tidur, kelenjar di otak akan memproduksi hormon pertumbuhan (Growth Hormone). Kadar hormon pertumbuhan yang sedikit akibat kurang tidur secara terus menerus, berdasarkan literatur, dapat saja mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan.

Namun, pertumbuhan badan dipengaruhi pula oleh banyak faktor lain seperti genetik (keturunan), gizi, serta lingkungan. Genetik dalam hal ini adalah tinggi badan kedua orang tua.

Dan genetik ini biasanya menjadi penentu utama bagi pertumbuhan tinggi seseorang, meskipun akan lebih optimal bila dibantu oleh faktor-faktor lainnya.

Apabila terus-menerus mengalami kesulitan tidur, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis THT. Anda juga dapat menjalani sleep diagnostic test untuk memastikan apakah memiliki gangguan tidur yang harus segera ditangani secara medis.

Pemeriksaan Sleep Diagnostic Test dapat mendeteksi gangguan tidur seperti :

  • Insomnia
  • Narkolepsi
  • Sleep apnea
  • REM Sleep bahavior

dr Edy Purwanto, SpTHT-KL

Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok-Bedah Kepala dan Leher

Primaya Hospital Bekasi Timur

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca yang memiliki pertanyaan seputar kesehatan, dapat mengirimkan pertanyaan disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin melalui form Konsultasi , KLIK DI SINI.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Kerahasiaan identitas dijamin.

Mau tahu kondisi mental health kamu? Coba ikutan tes psikologi DI SINI.



Simak Video "Penyebab Lesunya Angka Pernikahan Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat