gtrees.net

Sering Nyeri Dada dan Terasa Sesak, Apakah Tanda Penyakit Jantung Dok?

ilustrasi sakit jantung
Foto: ilustrasi/thinkstock

Daftar Isi
  • Tentang Konsultasi Kesehatan
Jakarta -

Pertanyaan:

Beberapa hari ini dada saya sering terasa sakit. Meski tidak sering kambuh, kondisi itu cukup mengganggu saat sedang kambuh.

Rasanya dada bagian tengah nyeri sampai sesak, padahal saya sedang duduk berdiam. Jadi untuk meredakannya, biasanya saya harus rebahan sebentar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Apakah itu suatu gejala penyakit jantung Dok?

Prima (pria, 30 tahun)

ADVERTISEMENT

Jawaban:

Nyeri sebagai gejala penyakit jantung memiliki karakteristik berupa nyeri di area dada kiri atau tengah, seperti ditekan benda berat atau rasa panas terbakar yang lokasinya tidak dapat ditunjuk.

Kondisi ini disertai penjalaran nyeri ke area punggung, leher, atau tangan kiri. Terkadang juga disertai dengan keringat dingin, mual, hingga muntah.

Umumnya gejala timbul saat beraktivitas dan akan membaik dengan istirahat. Jika terdapat gejala tersebut yang berulang atau semakin memberat, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter spesialis jantung dan pembuluh darah. Ini untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut sehingga dapat diketahui diagnosis yang tepat.

dr Teuku Istia Muda Perdan, SpJP, FIHA

Dokter Spesialis Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah

RS Pondok Indah - Bintaro Jaya

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca yang memiliki pertanyaan seputar kesehatan, dapat mengirimkan pertanyaan disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin melalui form Konsultasi , KLIK DI SINI.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Kerahasiaan identitas dijamin.

Mau tahu kondisi mental health kamu? Coba ikutan tes psikologi DI SINI.



Simak Video "Pakar Sebut Pasien Omicron Jarang Anosmia dan Sesak Napas"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat