gtrees.net

Lutut Sering Sakit Pasca Berdiri-Berjalan Lama, Apakah Berbahaya Dok?

ilustrasi nyeri lutut
Foto ilustrasi: thinkstock

Daftar Isi
  • Tentang Konsultasi Kesehatan
Jakarta -

Pertanyaan:

Dok, kenapa ya kalau habis berdiri atau berjalan lama, lutut sebelah kiri saya sakit kalau dilipat. Selain itu, pinggang dan belikat juga sering nyeri.

Apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya Dok?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Musbagus (pria, 57 tahun)

Jawaban:

Salah satu penyebab lutut sakit adalah cedera pada lutut. Bila lutut mengalami cedera, beberapa jaringan yang menyusun lutut seperti tulang rawan atau tulang, dapat terganggu.

Selain cedera, nyeri lutut juga dapat diakibatkan oleh beberapa kondisi seperti:

  • Rheumatoid arthritis
  • Asam urat
  • Osteoarthritis
  • Infeksi pada lutut

Namun, ada beberapa kondisi yang menyebabkan resiko nyeri lutut lebih tinggi seperti:

  • Obesitas
  • Riwayat cedera
  • Kebiasaan merokok
  • Aktivitas fisik berat

Segera konsultasikan ke dokter ortopedi apabila kondisi nyeri lutut ini tidak kunjung membaik dalam beberapa hari, mengganggu aktivitas, dan terlihat perubahan bentuk pada lutut atau deformitas.

Untuk kondisi nyeri pinggang bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Bisa terjadi cedera pada otot sekitar pinggang, cedera sendi tulang belakang, saraf kejepit ataupun gangguan pada organ sekitar pinggang misalnya ginjal.

Hal ini perlu pemeriksaan lebih lanjut, bagian tubuh mana yang menjadi penyebab utama keluhan tersebut. Anda dapat melakukan konsultasi lebih lanjut ke dokter untuk melakukan pemeriksaan fisik guna menentukan penyebab dari nyeri pinggang yang anda alami.

Nyeri pada tulang belikat juga merupakan hal yang serupa. Ini bisa diakibatkan karena otot tegang, cedera tulang, saraf kejepit, yang biasanya dipicu oleh aktivitas fisik berat. Baiknya, Anda melakukan konsultasi terhadap 3 keluhan nyeri ini ke dokter spesialis ortopedi, guna mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

dr Satria Prawira Putra, MKes, FICS, SpOT(K) Hip&Knee

Dokter Spesialis Bedah Ortopedi dan Traumatologi

Primaya Hospital Bekasi Timur

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca yang memiliki pertanyaan seputar kesehatan, dapat mengirimkan pertanyaan disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin melalui form Konsultasi , KLIK DI SINI.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan penanya. Kerahasiaan identitas dijamin.

Mau tahu kondisi mental health kamu? Coba ikutan tes psikologi DI SINI.



Intip Kampung Olimpiade Paris 2024

Intip Kampung Olimpiade Paris 2024


(sao/naf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat