gtrees.net

5 Olahraga yang Dipercaya Bisa Bikin Panjang Umur, Mudah Dilakukan di Rumah

Young woman exercising at the gym with a female personal trainer.
Ilustrasi. (Foto: Thinkstock)

Daftar Isi
  • 1. Squats
  • 2. Lunges Statik
  • 3. Hip Bridges
  • 4. Planks
  • 5. Push-ups
Jakarta -

Sejak lama, olahraga dipercaya sebagai salah satu kunci untuk hidup sehat. Selain membuat tubuh menjadi sehat dan bugar, beberapa olahraga tertentu juga diyakini dapat memperpanjang umur.

Dikutip dari CNBC, massa otot dalam tubuh akan menurun seiring dengan pertambahan usia, utamanya setelah menginjak usia 30 tahun. Dalam dunia medis, hal ini dikenal juga sebagai sarcopenia.

Kondisi ini dapat membuat seseorang mengalami penurunan kekuatan otot dan performa fisik. Alhasil, pekerjaan ringan yang seharusnya bisa diselesaikan dengan mudah terkadang sulit untuk dilakukan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kabar baiknya, ada olahraga tertentu yang dapat membantu mempertahankan massa otot. Instruktur kebugaran sekaligus pendiri dari StrongHer Personal Training di New York, Patricia Greaves mengungkapkan olahraga nomor satu yang dapat membantu menjaga massa otot dan memperpanjang umur adalah latihan kekuatan alias strength training.

"Penelitian menunjukkan orang-orang berusia 70-an yang memiliki masalah mobilitas dapat memperpanjang umurnya dengan menjalani program latihan kekuatan," ujar Greaves.

ADVERTISEMENT

Latihan kekuatan pun tidak harus dilakukan dengan menggunakan barbel atau peralatan gym mahal. Berikut beberapa latihan kekuatan simpel untuk memperpanjang umur yang direkomendasikan Greaves.

1. Squats

Greaves menjelaskan squats adalah latihan kekuatan yang menyasar otot core dan tubuh bagian bawah, khususnya lutut dan pergelangan kaki. Latihan ini dapat membantu tubuh melakukan aktivitas tubuh sehari-hari, seperti bangun dari kursi atau membungkuk untuk mengambil barang.

2. Lunges Statik

Lunges statik menargetkan paha belakang, paha depan, bokong, dan betis. Gerakan ini dapat meningkatkan stabilitas dan memperbaiki keseimbangan otot yang mungkin menurun seiring pertambahan usia.

3. Hip Bridges

Olahraga ini lebih fokus pada otot bokong, paha belakang, punggung bagian bawah, dan otot yang menopang tulang belakang.

Greaves menuturkan hip bridges dapat membantu meningkatkan fleksibilitas, mobilitas, serta mengurangi risiko nyeri atau cedera pada punggung bagian bawah.

4. Planks

Planks adalah latihan yang dapat meningkatkan kekuatan otot core serta serta kekuatan fungsional tubuh secara keseluruhan. Tak hanya itu, olahraga ini juga bisa mengencangkan otot bokong dan meningkatkan keseimbangan.

5. Push-ups

Latihan ini menargetkan otot bahu, triceps, dada, dan core. Karenanya, push-ups dapat meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas dan stabilitas. Hal ini membantu tubuh untuk tetap bisa berdiri dengan kuat seiring pertambahan usia.



Simak Video "3 Waktu Olahraga Paling Signifikan di Bulan Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(ath/suc)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat