gtrees.net

6 Olahraga Ringan untuk Pangkas Berat Badan Pasca Lebaran

Minum Kopi Hitam di Pagi Hari Bisa Bantu Turunkan Berat Badan
Ilustrasi. (Foto: Ilustrasi iStock)

Daftar Isi
  • 1. Jalan kaki
  • 2. Berenang
  • 3. Yoga
  • 4. Bersepeda
  • 5. Push-up
  • 6. Plank
Jakarta -

Saat libur lebaran, orang-orang disibukkan dengan beragam aktivitas. Mulai dari momen mudik, berkunjung dan berkumpul bersama keluarga, hingga 'kalap' menyantap aneka hidangan khas lebaran.

Padatnya aktivitas tersebut membuat kita cenderung lupa untuk menjaga kesehatan dan berolahraga. Alhasil, berat badan pun membengkak setelah libur lebaran usai.

Hal ini tentunya membuat banyak orang menjadi risih. Bahkan, tak sedikit orang yang melakukan olahraga berat agar bisa kembali ke berat badan idealnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Padahal, berolahraga secara berlebihan dapat meningkatkan risiko cedera. Alih-alih olahraga yang terlalu berat, lebih baik melakukan olahraga ringan secara konsisten untuk menurunkan berat badan pasca libur lebaran.

Lantas, apa saja jenis olahraga ringan yang direkomendasikan untuk menurunkan berat badan? Dikutip dari berbagai sumber, berikut pembahasannya.

ADVERTISEMENT

1. Jalan kaki

Olahraga untuk menurunkan berat badan tidak harus yang membebani. Bahkan sesimpel jalan kaki saja, jika dilakukan secara rutin, efektif untuk memangkas lemak tubuh yang menumpuk selama libur lebaran.

Dikutip dari Verywell Fit, berjalan kaki setidaknya 30 menit dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh. Idealnya, cobalah untuk mencapai 10.000 langkah setiap hari.

Tapi hal tersebut tidak perlu dilakukan sekaligus. Mulailah secara bertahap, misalnya berjalan selama 10 menit dan 3.000 langkah terlebih dahulu, kemudian perlahan tingkatkan waktu dan jumlah langkah sampai mencapai target yang diinginkan.

2. Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga ringan yang efektif untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan. Tak hanya itu, berenang juga bisa menjadi aktivitas fisik yang menyenangkan.

Dikutip dari Healthline, berenang melibatkan hampir seluruh otot-otot tubuh, mulai dari bahu, lengan, perut, paha, hingga kaki. Berenang juga melibatkan kardio, latihan kekuatan, dan kelenturan. Karena itu, olahraga ini cocok sekali dilakukan oleh orang yang ingin menurunkan berat badan.

Berenang selama 30 menit dapat membakar hingga 216 kalori untuk orang dengan bobot tubuh 70-an kg, dan 252 kalori bagi orang dengan bobot 83-an kg.

3. Yoga

Yoga tidak hanya soal gerakan saja, tapi juga menginkorporasikan latihan pernapasan, relaksasi, meditasi, dan pola makan yang seimbang untuk menunjang kesehatan secara keseluruhan. Kombinasi itulah yang membuat yoga dapat membantu menurunkan berat badan, sembari menjaga tubuh dan pikirran tetap sehat.

Beberapa gerakan yoga juga dapat membantu mengatasi masalah kesehatan tertentu, seperti gula darah tinggi.

4. Bersepeda

Olahraga ringan lain yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah bersepeda. Bersepeda tergolong aman untuk dilakukan oleh semua kalangan usia, mengingat olahraga ini tidak memberikan beban yang besar pada tubuh.

Tak hanya membakar kalori dan menurunkan berat badan, bersepeda juga dapat membantu menguatkan otot dan tulang.

5. Push-up

Push-up adalah salah satu olahraga ringan yang digandrungi banyak orang. Meski push-up utamanya bertujuan untuk membentuk tubuh bagian atas, olahraga ini juga bisa membakar cukup banyak kalori dan membantu memangkas berat badan berlebih.

Dikutip dari Pharm Easy, gerakan mengangkat tubuh saat push-up membutuhkan energi yang besar, sehingga membakar lebih banyak kalori. Push-up juga membentuk otot dada hingga lengan, dan untuk mempertahankan otot-otot tersebut, tubuh harus membakar lebih banyak kalori dari biasanya.

6. Plank

Plank adalah salah satu olahraga yang paling efektif untuk melatih seluruh tubuh. Plank dapat memperkuat otot bahu, lengan, dada, punggung, pinggul, dan core. Selain manfaat tersebut, plank juga efektif membantu membakar kelebihan lemak dan kalori dalam tubuh.

Anda harus fokus mempertahankan posisi plank dalam jangka waktu yang lebih lama untuk mendapatkan hasil terbaik. Untuk meningkatkan intensitas, bisa juga dengan melakukan variasi plank, seperti side-plank atau mountain climbers.



Simak Video "Mitos atau Fakta: Olahraga Tiap Hari Cepat Turunkan Berat Badan"
[Gambas:Video 20detik]
(ath/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat