gtrees.net

7 Olahraga Ini Ampuh Lunturkan Lemak Punggung, Mudah Dilakukan

A Caucasian woman sleeping on her bed
Foto: iStock

Daftar Isi
  • Olahraga Simpel untuk Pangkas Lemak di Punggung
  • 1. Side Leg Lift 2. Back Extension 3. Cat-Cow 4. Swimming Stretch 5. Side Plank 6. Superman Exercise 7. Side Jackknife
Jakarta -

Bukan hanya di perut, lemak juga bisa menumpuk di area tubuh seperti punggung. Akan tetapi, lemak punggung cenderung lebih sulit hilang dibandingkan di bagian tubuh lain.

Orang-orang juga kerap merasa insecure dengan timbunan lemak di punggung, terutama. Pasalnya, kulit akan terlihat kendur dan postur tubuh dapat terpengaruh.

Dilansir Women's Health, lemak punggung dapat disebabkan oleh somatopause, kondisi menurunnya kadar hormon pertumbuhan seiring bertambahnya usia wanita.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di sisi lain, gaya hidup tak sehat juga bisa jadi penyebabnya, seperti konsumsi gula dan garam berlebih, terlalu banyak asupan kalori yang masuk, serta jarang bergerak.

Lantas, adakah cara untuk menghilangkan lemak punggung?

ADVERTISEMENT

Olahraga Simpel untuk Pangkas Lemak di Punggung

Untuk melunturkan lemak punggung, kamu dapat berolahraga. Gerakan olahraganya pun tidak sulit dan tidak memerlukan peralatan, sehingga bisa mudah melakukannya.

Berikut beberapa latihan yang efektif menghilangkan lemak di punggung, dikutip dari Healthline:

1. Side Leg Lift

Side leg lift berguna untuk menstabilkan area otot panggul-lumbar sehingga memperkuat otot torso di sekitar tulang punggung belakang.

Gerakan ini dilakukan dengan berbaring lurus di lantai atau matras dan memiringkan badan ke kanan. Lengan kanan dapat dijadikan untuk menyanggah kepala dan tumpukkan kaki kiri di atas kaki kanan.

Ketika mengeluarkan napas, angkat kedua kaki dari lantai secara perlahan. Dan turunkan kaki kembali saat menarik napas. Gerakan side leg lift ini dapat diulangi sebanyak 6-8 kali.

2. Back Extension

Latihan back extension dilakukan untuk memperkuat otot ekstensor punggung dan mengontrol perut.

Untuk melakukan gerakan ini, berbaring telungkup dan letakkan kedua tangan ke pelipis dengan siku di samping. Untuk kaki, biarkan regang sedikit.

Mulai back extension dengan mengangkat bahu dan dada dari lantai. Usahakan kepala diangkat bersamaan saat tubuh dicondongkan ke depan. Lakukan secara perlahan dan ulangi sampai 6-8 kali. Perlu perhatikan, jangan berlebihan dalam melakukan gerakan ini.

3. Cat-Cow

Peregangan cat-cow bagus untuk postur tubuh dan bantu menghilangkan lemak di punggung. Gerakan ini dimulai dengan posisi merangkak dengan pergelangan tangan diletakkan di lantai tapi sejajar dengan bahu. Serta lutut yang sejajar dengan pinggul

Saat tarik napas, turunkan perut dan angkat dagu serta tulang ekor setinggi mungkin sambil memandang ke arah langit-langit. Ketika buang napas, isap perut ke tulang belakang dan gerakkan dagu ke arah dada sehingga tubuh melengkung ke atas. Ulangi cat-cow ini sampai 4-5 kali.

4. Swimming Stretch

Sesuai namanya, swimming stretch mirip gaya saat berenang. Latihan ini dimulai dengan berbaring tengkurap dengan tangan dijulurkan ke depan, kaki dipanjangkan ke belakang, wajah dihadapkan ke bawah.

Angkat lengan dan kaki dari lantai perlahan secara menyilang sambil atur napas. Lengan kanan diangkat bersamaan dengan kaki kiri, dan lengan kiri bersama kaki kanan. Lakukan 3 set dari 8 pergantian kanan ke kiri.

5. Side Plank

Side plank dapat melatih otot-otot di sisi tubuh sehingga bantu punggung mengencang. Untuk memulai gerakan ini, lakukan baring miring dengan siku diletakkan di lantai untuk menyanggah tubuh bagian atas. Serta kedua kaki ditumpuk satu sama lain.

Tahan posisi side plank selama 20-30 detik di setiap sisinya secara bergantian. Waktu dapat ditingkatkan secara bertahap.

6. Superman Exercise

Gerakan superman berguna untuk melatih punggung bagian bawah dan otot bokong. Peregangan ini dimulai dengan berbaring telungkup di atas lantai atau matras.

Posisi superman mirip latihan back extension sebelumnya. Bedanya, tangan dijulurkan ke depan. Angkat kedua lengan, bahu, dan dada bersamaan dengan kedua kaki, setelahnya turunkan. Ulangi gerakan sebanyak 6-8 kali.

7. Side Jackknife

Side jackknife menargetkan otot oblique di perut dan area punggung bawah. Posisi awal side jackknife mirip dengan gerakan side leg lift sebelumnya, yaitu baring miring dengan tangan menyanggah kepala dan kedua kaki diluruskan sambil ditumpuk.

Untuk kakinya, angkat satu kaki di tiap sisi secara bergantian. Saat diangkat, tekuk kaki sedikit ke arah lutut. Ulangi selama beberapa kali.

Itu dia sederet olahraga ampuh untuk hilangkan lemak di punggung. Perlu diperhatikan, lakukan masing-masing gerakan secara perlahan dan atur pernapasan dengan tepat.

Simak Video 'Mitos atau Fakta: Kebanyakan Duduk Saat Mudik Bisa Bikin Ambeien':

[Gambas:Video 20detik]



(azn/fds)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat