gtrees.net

5 Jus yang Bagus untuk Diet, Cocok Diminum di Pagi Hari

Two colorful fruit shakes in hands. Summer and tropical mood. Cold blended drinks, banana and dragon fruit smoothie. Clink glasses by couple hands
Ilustrasi jus. (Foto: Getty Images/iStockphoto/olegbreslavtsev)

Daftar Isi
  • 1. Jus Wortel
  • 2. Jus Seledri
  • 3. Jus Buah Bit
  • 4. Jus Semangka
  • 5. Jus Bayam
Jakarta -

Selain berolahraga, pola makan yang sehat juga memengaruhi kesuksesan menurunkan berat badan. Salah satunya bisa dengan mengonsumsi jus yang bagus untuk diet, seperti yang terbuat dari buah atau sayuran.

Pasalnya, jus yang terbuat dari buah dan sayur mengandung beragam nutrisi penting, seperti vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Nutrisi-nutrisi itu tidak hanya menyehatkan tubuh, tapi juga meningkatkan metabolisme dan mengendalikan nafsu makan.

Lantas, apa saja rekomendasi jus yang bagus untuk diet? Dikutip dari Healthline, berikut daftarnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Jus Wortel

Selain jadi sayur pendamping lauk pauk, wortel juga dapat diolah menjadi jus yang bagus untuk diet. Wortel kaya akan vitamin A serta beta-karoten yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Tak hanya itu, wortel juga mengandung serat tinggi. Serat dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dan mengendalikan nafsu makan. Alhasil, makan menjadi tidak berlebihan dan berat badan dapat turun.

ADVERTISEMENT

2. Jus Seledri

Seledri mengandung kalori yang sangat rendah, sehingga cocok dijadikan jus untuk diet. Beberapa studi menunjukkan mengonsumsi makanan atau minuman yang rendah kalori dapat menunjang proses pembakaran lemak dan penurunan berat badan.

Selain itu, sayuran yang kerap dijadikan penyedap masakan ini juga mengandung sejumlah antioksidan yang dapat mengurangi efek stres oksidatif dan melawan peradangan.

3. Jus Buah Bit

Buah bit mengandung nitrat yang dapat meningkatkan efisiensi dan ketahanan otot. Tak hanya itu, nitrat juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara melebarkan pembuluh darah agar sirkulasi menjadi lebih lancar.

Di sisi lain, buah bit juga termasuk makanan rendah kalori dan kaya akan serat. Kombinasi itulah yang membuat buah bit cocok diolah menjadi jus untuk diet.

4. Jus Semangka

Selain rendah kalori, semangka juga mengandung banyak cairan yang dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Kandungan cairan pada semangka juga dapat membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik, yang mendukung proses penurunan berat badan.

Semangka juga mengandung mikronutrien penting, seperti kalium, vitamin A, dan vitamin C.

5. Jus Bayam

Bayam juga cocok diolah menjadi jus untuk diet lantaran kaya akan serat dan rendah kalori. Sebuah studi menunjukkan mengonsumsi jus sayuran, termasuk bayam, dapat mengurangi risiko kenaikan berat badan seiring waktu.

Selain itu, bayam juga kaya akan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari peradangan dan kerusakan akibat radikal bebas.



Simak Video "Piring Makan Sehat Bisa Jadi Pedoman untuk Diet Pemula "
[Gambas:Video 20detik]
(ath/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat