gtrees.net

Pengin Punya 'Body Goals' Tapi Ogah Olahraga, Bisa Nggak Ya? Begini Kata Ahli

Ilustrasi gemuk
Ilustrasi gemuk. (Foto: shutterstock)

Jakarta -

Obesitas merupakan salah satu jenis penyakit tidak menular yang berbahaya. Penyakit yang umumnya disebabkan oleh permasalahan gaya hidup ini bisa menjadi penyebab berbagai penyakit mematikan lain. Misalnya seperti penyakit jantung, stroke, hingga diabetes.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah atau mengatasi obesitas adalah perubahan gaya hidup sehat secara total. Perubahan gaya hidup itu meliputi diet dan juga olahraga.

Muncul pertanyaan di tengah masyarakat, apakah bisa menurunkan berat badan secara sehat tanpa berolahraga? Dokter spesialis olahraga dr Elyse, SpKO menuturkan bahwa olahraga tetap dibutuhkan dalam proses penurunan berat badan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurutnya, diet dan olahraga menjadi faktor yang dapat mendukung satu sama lain dalam proses menurunkan berat badan.

"Jadi nggak bisa ya menurunkan berat badan dengan sehat tanpa olahraga. Jadi kalau kita melakukan aktif harus juga melakukan hidup yang sehat dari faktor nutrisi," kata dr Elyse dalam konferensi pers Kementerian Kesehatan, Senin (4/3/2024).

ADVERTISEMENT

"Jadi makanan itu berperan penting. Biasanya faktor dari diet itu sekitar 70 persen berkontribusi untuk melakukan gaya hidup yang sehat, terus 30 persennya itu olahraga," sambungnya.

Ketika seseorang ingin menurunkan berat badan dengan lebih sehat, maka keduanya faktor tersebut harus berjalan beriringan tanpa hanya memilih salah satu saja. Kebiasaan diet tanpa olahraga juga dapat menyebabkan berat badan yoyo atau lebih mudah naik kembali.

"Kalau kita mau punya berat badan yang ideal, tetap sehat dan bugar. Nggak bisa tuh cuma sebelah-sebelah doang. Kalau kita misalnya melakukan dari diet saja, biasanya gampang terjadi yang namanya berat badan yoyo. Gampang turun, tapi juga gampang naik," ungkap dr Elyse.

"Tapi kalau kita melakukan latihan fisik yang teratur disertai dengan diet yang sehat itu akan terjadi berat badan yang ideal," pungkasnya.



Simak Video "KuTips: Kunci Menurunkan dan Menaikkan Berat Badan Ala Ade Rai, Simak Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(avk/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat