gtrees.net

Jepang Dilanda Panas Ekstrem, Suhu Nyaris 40 Derajat Celcius!

Visitors observe a minute of silence at noon at the Yasukuni Shrine, which honors Japans war dead, Tuesday, Aug. 15, 2023, in Tokyo, Japan. Japan holds annual memorial service for the war dead as the country marks the 78th anniversary of its defeat in the World War II. (AP Photo/Eugene Hoshiko)
Ilustrasi cuaca panas di Jepang (Foto: AP/Eugene Hoshiko)

Jakarta -

Jepang dilanda cuaca panas ekstrem yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan suhu mendekati 40 derajat celcius di beberapa area dari wilayah Tokai hingga Kanto pada Minggu (7/7).

Imbas suhu panas ekstrem tersebut, Badan Meteorologi Jepang (Japan Meteorological Agency/JMA) mengeluarkan peringatan sengatan panas untuk 26 prefektur dan mendesak penduduk untuk mengambil serangkaian tindakan pencegahan terhadap suhu ekstrem yang berpotensi mematikan.

Dengan sengatan panas yang tak kunjung menurun, suhu pada siang hari diperkirakan akan melonjak di atas 40 derajat Celsius, menandai kali pertama pada tahun ini Jepang mengalami suhu panas ekstrem di lebih dari 200 lokasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada minggu yang sama, suhu di Tokyo diperkirakan akan menyentuh 36 derajat Celsius, dan banyak daerah dari Tokai hingga Kanto berpotensi mengalami suhu melebihi suhu tubuh, menurut JMA.

Gelombang panas ini menyebabkan rekor jumlah kasus heat stroke di berbagai wilayah Jepang. Dua penduduk lanjut usia di prefektur Ehime dan Tokushima dilaporkan meninggal dunia akibat heat stroke atau sengatan panas. Sementara itu, Tokyo melaporkan 119 kasus darurat terkait sengatan panas di hari yang sama, termasuk tiga kasus yang parah di kalangan lansia.

Sejumlah otoritas mengimbau masyarakat, terutama orang tua dan anak-anak, untuk menggunakan pendingin ruangan yang diperlukan, tetap terhidrasi meski tidak merasa haus, serta menahan diri untuk tidak melakukan perjalanan yang tidak perlu dan menunda berolahraga di luar ruangan.



Cuaca Panas Pengaruhi Kesuburan Pria dan Wanita? Ini Kata Dokter

Cuaca Panas Pengaruhi Kesuburan Pria dan Wanita? Ini Kata Dokter


(suc/naf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat