gtrees.net

10 Negara dengan Tingkat Kesuburan Tertinggi di Dunia, Ada Indonesia?

Pemerintah Jepang khawatir karena angka kelahiran di negaranya semakin menurun. Bahkan pemerintahpun ikut campur tangan untuk menjodohkan warga.
Foto: David Mareuil/Getty Images

Daftar Isi
  • 10 Negara dengan Tingkat Kesuburan Tertinggi
Jakarta -

Mengukur tingkat kesuburan di berbagai negara merupakan salah satu indikator terpenting bagi pemerintah dan organisasi global. Hal ini diperlukan untuk menilai kebutuhan dan alokasi sumber daya di masa depan.

Tingkat kesuburan yang sangat tinggi atau sangat rendah dapat memicu konsekuensi yang buruk. Tingkat kesuburan yang sangat tinggi hanya menambah tekanan terhadap perekonomian, karena sumber daya yang dibutuhkan untuk meningkatkan standar hidup jauh melebihi perekonomian lokal. Ini mengapa negara-negara dengan tingkat kesuburan lebih tinggi juga menghadapi kelaparan dan kekurangan gizi yang lebih besar.

10 Negara dengan Tingkat Kesuburan Tertinggi

Tingkat kesuburan total (TFR) membandingkan angka rata-rata jumlah anak yang akan dilahirkan per wanita jika semua wanita hidup sampai akhir masa suburnya, serta melahirkan anak berdasarkan tingkat kesuburan tertentu pada setiap usia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

TFR merupakan ukuran tingkat kesuburan yang lebih langsung dibandingkan angka kelahiran kasar, karena mengacu pada kelahiran per wanita. Dikutip dari The World Factbook, berikut 10 negara dengan tingkat kesuburan tertinggi perkiraan pada tahun 2024.

  1. Nigeria: 6,64 anak lahir per wanita
  2. Angola: 5,7 anak lahir per wanita
  3. Congo, Republik Demokratik: 5,49 anak lahir per wanita
  4. Mali: 5,35 anak lahir per wanita
  5. Benin: 5,34 anak lahir per wanita
  6. Chad: 5,24 anak lahir per wanita
  7. Uganda: 5,17 anak lahir per wanita
  8. Somalia: 5,12 anak lahir per wanita
  9. Sudan Selatan: 5,09 anak lahir per wanita
  10. Burundi: 4,9 anak lahir per wanita

Sementara Indonesia menurut data The World Factbook berada di urutan ke-110 dengan TFR 1,96 anak lahir per wanita. Namun berdasarkan data Badan kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada 2023, TFR Indonesia sebesar 2,1 anak lahir per wanita.

ADVERTISEMENT

Untuk negara tetangga RI, Singapura, berada di urutan ke-225 dengan TFR 1,17, dan Malaysia berada di urutan ke-156 dengan TFR 1,73.



Simak Video "Cuaca Panas Pengaruhi Kesuburan Pria dan Wanita? Ini Kata Dokter"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat