gtrees.net

Stroke Bisa Serang Usia Muda 20 Tahunan Lho, Ini Penyebabnya

Ilustrasi stroke
Foto: Getty Images/iStockphoto/designer491

Daftar Isi
  • Penyebab Stroke Pada Usia Muda
  • 1. Obesitas 2. Tekanan Darah Tinggi 3. Diabetes 4. Faktor Lain
Jakarta -

Stroke kerap dipandang sebagai penyakit yang mengerikan. Tak hanya kedatangannya yang sering mendadak tanpa gejala, stroke juga mampu menimbulkan kecacatan permanen pada pengidapnya.

Mengutip Medical News Today, stroke sendiri umumnya disebabkan oleh 2 hal. Yang pertama adalah arteri yang membawa darah ke otak tersumbat, sehingga mengakibatkan stroke iskemik.

Yang kedua adalah pembuluh darah di otak pecah, sehingga darah bocor ke bagian-bagian otak yang lain. Ini menyebabkan stroke hemoragik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Masyarakat umumnya beranggapan kalau orang berusia lanjutlah yang berisiko terkena stroke. Tetapi sebenarnya, orang berusia muda pun bisa terserang penyakit ini.

Ada beberapa penyebab orang usia 20-30 tahun bisa terserang penyakit stroke. Simak pembahasannya di artikel berikut.

ADVERTISEMENT

Penyebab Stroke Pada Usia Muda

Orang usia muda bisa mengalami stroke karena obesitas, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Selain itu, ada faktor-faktor lain yang meningkatkan risiko orang usia muda terkena stroke.

1. Obesitas

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disorders, obesitas bisa meningkatkan risiko terkena stroke.

Obesitas sendiri didefinisikan oleh Kementerian Kesehatan sebagai penumpukan lemak yang berlebihan akibat ketidakseimbangan asupan energi (energy intake) dengan energi yang digunakan (energy expenditure) dalam waktu lama.

2. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi juga merupakan salah satu penyebab stroke pada usia muda. Ketika darah yang mengalir memberikan tekanan yang besar pada dinding arteri, arteri bisa pecah.

Menurut artikel tahun 2020 yang diterbitkan di jurnal American Heart Association, tekanan darah tinggi menyerang 1 dari 8 orang berusia 20-40 tahun.

3. Diabetes

Menurut buku Diabetes in America (2018), diabetes adalah salah satu faktor terbesar yang bisa memicu stroke. Menurut World Health Organization, 95% dari pengidap diabetes memiliki diabetes tipe 2, yang berarti tubuh tidak bereaksi terhadap insulin dengan baik sehingga kadar gula dalam tubuh meningkat.

Diabetes tipe 2 ini dulunya hanya timbul pada orang dewasa, tetapi akhir-akhir ini diabetes tipe 2 juga ditemukan pada anak-anak.

4. Faktor Lain

Selain 3 kondisi yang telah disebutkan, ada berbagai faktor lain yang bisa menyebabkan stroke pada orang usia muda, antara lain sebagai berikut.

  • Infeksi viral seperti HIV
  • Penggunaan alat kontrasepsi dengan hormon estrogen
  • Kehamilan
  • Kondisi medis yang mengakibatkan pembengkakan seperti lupus
  • Riwayat keluarga yang pernah terkena stroke
  • Konsumsi rokok dan alkohol berat
  • Jarang beraktivitas fisik
  • Sering mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan gula.

Jadi, bukan hanya orang lanjut usia yang bisa terkena stroke, ya. Orang berusia 20-30 tahun pun bisa terkena penyakit ini. Stroke pada usia muda bisa dicegah dengan menjaga pola makan sehat, rajin beraktivitas fisik, menghindari rokok, dan menjaga berat badan.



Simak Video "Mengenal Jenis Penyakit Stroke dan Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat