gtrees.net

Kemenkes Filipina Berencana Larang Mukbang Imbas Kematian Food Vlogger

Ilustrasi ayam goreng
Foto: Getty Images/Nadiia Borovenko

Jakarta -

Kementerian Kesehatan Filipina kini tengah mempertimbangkan untuk melakukan pelarangan vlog 'mukbang'. Hal itu dilakukan setelah sebelumnya ada content creator makanan berusia 37 tahun yang meninggal dunia akibat stroke usai membuat konten mukbang.

Menurut Menteri Kesehatan Filipina Teodoro Herbosa, mukbang merupakan praktik yang dapat memberikan pengaruh buruk untuk terus makan berlebihan.

"Ini adalah praktik yang buruk karena orang-orang merasa puas dengan makan berlebihan, dan kebiasaan itu tidak sehat. Ini bisa menyebabkan obesitas," kata Herbosa dikutip dari Strait Times, Selasa (9/7/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Obesitas akan menyebabkan hipertensi, penyakit jantung, penyakit tidak menular, dan bahkan serangan jantung," sambungnya.

Peringatan tersebut diberikan oleh Herbosa setelah konten kreator bernama Manoy Apatan meninggal dunia pada 14 Juni setelah membuat konten mukbang.

Sehari sebelumnya, ia membuat konten makan besar beberapa potongan ayam goreng dan nasi putih. Konten kreator dengan 460 ribu pengikut itu mengidap serangan jantung dan koma sebelum akhirnya meninggal karena stroke hemoragik.

"Kita harus mengkaji terlebih dahulu mengapa orang ini meninggal dan mencari tahu apakah Kementerian Kesehatan merupakan regulator kegiatan kesehatan dan dapat melarang kegiatan tersebut karena tidak sehat," sambungnya.

Jika hasil penyelidikan menemukan bahwa mukbang memang berkontribusi pada kematian Manoy, maka pihak Kemenkes Filipina akan mendorong pelarangan terhadap situs-situs lokal dan media sosial.

Menurut Herbosa, kebiasaan itu juga termasuk mempromosikan perilaku tidak sehat kepada masyarakat Filipina.

"Saya bisa mengusulkan melarang mukbang secara lokal. Saya bahkan bisa meminta Departemen Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk menghentikan situs-situs yang menayangkan dan menyiarkan mukbang karena pada dasarnya itu pornografi makanan. Mereka membuat orang makan dengan rakus," katanya.

"Jika Anda memperoleh penghasilan dari sesuatu yang merupakan ancaman kesehatan masyarakat, maka saya harus menghentikan Anda," tandas Herbosa.

Dia mengatakan bahwa untuk saat ini dia akan mengeluarkan peringatan kesehatan masyarakat dan mungkin perintah administratif untuk melarang makan berlebihan.



Mengenal Jenis Penyakit Stroke dan Penyebabnya

Mengenal Jenis Penyakit Stroke dan Penyebabnya


(avk/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat